Begini Cara Anak Muda Makassar Sambut Earth Hour 2017

356

SultengTerkini.com, MAKASSAR–  Didasari kepedulian yang sama untuk menyelamatkan lingkungan melalui gerakan mematikan lampu sejam atau dikenal Earth Hour, sejumlah pemuda dari berbagai kalangan di Makassar membentuk komunitas Earth Hour Makassar. Sejak terbentuk pada tahun 2011, tahun berikutnya komunitas ini kemudian mulai melaksanakan berbagai kegiatan untuk menggalakkan gerakan earth hour hingga saat ini.

“Sejak tahun 2012 lalu, kami selalu menggalakkan berbagai kegiatan jelang hari H peringatannya di Sabtu pekan terakhir bulan Maret. Seperti pada hari ini, kami menggelar Music For Earth,” kata salah satu member Earth Hour Makassar, Muhammad Rezi Akbar, saat ditemui di Mal Ratu Indah, Makassar, Sabtu (11/3/2017) petang.

Rezi yang juga penanggung jawab kegiatan tersebut mengatakan, sosialisasi gerakan earth hour dengan musik sengaja dipilih, karena musik merupakan bahasa universal yang mudah diterima oleh semua kalangan.

“Harapan kami melalui musik, pesan lingkungan yang kami bawakan akan lebih mudah diterima audiens. Pada kesempatan ini, kami juga mengajak audiens agar berpartisipasi dalam Earth Hour tahun ini,” tuturnya.

Penampilan sejumlah band seperti Earth Hour Makassar band, dan beberapa band indie Makassar pada kesempatan itu menggunakan alat musik akustik. “Sengaja kami pilih alat musik seperti gitar akustik, bass akustik dan cajon akustik untuk menyampaikan pesan menghemat listrik kepada pemuda, terutama yang suka bermain musik, tuturnya lagi.

Selain itu, Earth Hour Makassar juga menyampaikan sejumlah isu yang sedang giat-giatnya mereka kampanyekan guna mendukung earth hour yang pertama kali dicetuskan World Wide Fund for Nature (WWF) pada tahun 2007 ini.

“Kami membawakan empat isu kampanye yang selama ini kami usung seperti ajakan menggunakan transportasi publik, hemat listrik dan air, bombe kantong plastik dan bijak dalam penggunaan tissue dan kertas,” lanjutnya.

Pada hari H Earth Hour yang jatuh pada 25 Maret 2017, komunitas ini mengajak warga Makassar untuk berkumpul di Pantai Losari untuk berpartisipasi pada Ceremony Switch Off 2017 #MAKASSARGELAP mulai pukul 16.00 – 22.00 Wita.

(Sumber: online24jam.com)

Silakan komentar disini...