Serang Mako Lanal Tolitoli, Satu Terduga “Teroris” Tertembak

4684
SALAH seorang terduga teroris (tengah pakai topi) berhasil diringkus usai tertembak oleh sejumlah personel Lanal Tolitoli. FOTO: MOH SABRAN

SultengTerkini.Com, TOLITOLI– Seorang anggota terduga teroris yang akan menyerang Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli, Sulawesi Tengah berhasil dilumpuhkan saat terjadi aksi baku tembak selama 15 menit antara dua anggota terduga teroris dengan sejumlah personel lanal setempat.
“Pelaku berjumlah dua orang, satu orang kami tembak dan menyita satu buah pucuk senjata api laras panjang, dan satu orang terduga teroris berhasil melarikan diri,” ungkap Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Henry Ballo kepada sejumlah wartawan, Jumat (24/3/2017).
Perwira menengah berpangkat dua melati di pundaknya itu mengatakan, selain menembak satu orang terduga teroris, pihaknya juga berhasil mengamankan satu buah bom yang disimpan di dalam salah satu ruangan di Mako Lanal, sebelum kedua terduga teroris tersebut menyerang Mako Lanal Tolitoli.
“Begitu anggota memberitahukan ada bom yang disimpan di dalam salah satu ruangan, saya langsung melakukan kontak kepada Polres Tolitoli melalui Tim Jihandaknya,” tuturnya.
Dua peristiwa itu merupakan bagian dari empat simulasi bagi para personel Lanal Tolitoli dalam rangka kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya untuk lebih mengasah aparatnya dalam menghadapi kondisi genting yang setiap saat terjadi.
Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh pangkalan TNI AL dibawa kendali Komando Armada Timur (Koarmatim) yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur, dimana akan dijadikan evaluasi di tingkat pangkalan TNI AL.
Untuk kedepannya dilakukan latihan gabungan atau lebih dikenal Armada Jaya, yakni latihan antara Koarmatim bersama Koarmabar yang akan dilaksanakan pada Oktober 2017 mendatang. BRN

Silakan komentar disini...