Gandeng Singtel, Telkomsel Permudah TKI Kirim Uang ke Indonesia

338
TELKOMSEL bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi terbesar di Singapura, Singtel, Minggu hari ini meluncurkan layanan mobile remittance real-time untuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin mengirimkan uangnya ke Indonesia. FOTO: DETIK.COM

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Telkomsel bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi terbesar di Singapura, Singtel, Minggu hari ini meluncurkan layanan mobile remittance real-time untuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin mengirimkan uangnya ke Indonesia.

Dalam kerjasama ini, Telkomsel berperan sebagai Penyelenggara Transfer Dana (PTD) untuk koridor Singapura yang bisa dicairkan di 4.500 kantor pos di Indonesia. Dengan memanfaatkan aplikasi mobile Singtel Dash, kini pelanggan Telkomsel di Singapura dapat mengirim uang ke keluarga atau kerabatnya di Indonesia secara lebih cepat dan mudah melalui WeselPOS Instan yang dimiliki PT Pos Indonesia.

“Kita launching produk remittance atau pengiriman uang. Kita kerja sama dengan Singtel dan juga PT Pos Indonesia sebagai cash put atau pencairannya. Mungkin nanti akan ada beberapa mitra lagi yang lain mungkin dengan bank,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, di sela acara Festival Rising 50 di KBRI Singapura, Singapura, Minggu (26/3/2017).

Melalui layanan Singtel Dash, produk mobile financial services milik Singtel, para TKI yang ada di Singapura kini bisa mengirim uang ke kerabat atau keluarganya di Indonesia, hanya melalui handphone. Untuk saat ini, penerima di Indonesia bisa langsung mencairkan uang yang diterima melalui notifikasi dalam bentuk sms.

Dengan adanya inovasi ini, pengiriman uang TKI ke Indonesia menjadi lebih mudah, cepat dan murah dibandingkan layanan pengiriman yang biasa dilakukan sebelumnya.

“Jadi dia lebih mudah, lebih cepat, lebih murah. Produk remittence yang sekarang, kan TKI harus ke counter-counter kirim duit, baru dikirim ke sana (Indonesia). Sekarang kita enhance (tingkatkan). Di sini ada aplikasi Singtel dash (produk seperti t-cash Telkomsel),” jelas Ririek.

“Dengan dia punya aplikasi dash itu, dia enggak perlu ke counter lagi. Dia bisa top up uangnya itu kayak di sevel atau mitra-mitranya di sini. Jadi kapanpun kalau dia mau transfer ke keluarganya, dia pilih aplikasinya, terus dikirim. Sehingga dalam kondisi emergency pun bisa langsung dikirim. Penerima nanti datang ke outlet yang ditetapkan itu (sementara di Kantor Pos), kemudian membawa bukti sms-nya, kemudian mencairkan uang itu,” pungkasnya.

Sebagai informasi, saat ini Telkomsel telah memiliki izin dari Bank Indonesia (BI) sebagai Penyelenggara Transfer Dana. Telkomsel juga berkoordinasi dengan pemerintah, dalam hal ini Kantor Staf Presiden (KSP) dan Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), untuk memberikan akses transfer dana kepada TKI di luar negeri. (sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...