Objek Wisata Udang Merah di Tolitoli Ramai Dikunjungi

9343
INILAH lokasi objek wisata udang merah yang saat ini ramai dikunjungi warga Kabupaten Tolitoli. FOTO: MOH SABRAN

Sulteng Terkini.Com TOLITOLI– Lokasi objek wisata udang merah yang sangat unik dan langka di Tanjung Sanjangan, Desa Salumbia, Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah menjadi daya tarik tersendiri sebagai potensi wisata bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk datang ke tempat tersebut.
Lokasinya berjarak 130 kilometer arah selatan dari ibukota Kabupaten Tolitoli dan dapat ditempuh melalui jalur darat selama dua jam menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.
Dari lokasi tempat tersebut, para pengunjung harus menggunakan perahu ketinting yang berkapasitas 10 orang dengan jarak tempuh selama 20 menit untuk bisa sampai ke lokasi tersebut.
“Hebohnya penemuan udang merah unik itu sejak tahun 2010 oleh sejumlah warga setempat. Saat itu ada kabar bahwa para warga sedang beristirahat usai melakukan aktivitas mengerjakan kebun yang hanya berjarak 200 meter dari lokasi seperti tambak alami berbentuk huruf Y. Betapa kagetnya ketika warga yang turun ke tambak melihat ribuan udang merah yang sangat unik dan bukan udang biasa yang berwarna keabu-abuan,” ujar Kadis Pariwisata Kabupaten Tolitoli, Nasir Dg Marumu kepada Sulteng Terkini.Com, baru-baru ini.
Menurut Nasir Dg Marumu, sontak saja berita heboh dengan penemuan udang merah tersebut tersebar hingga ke telinga para warga di perkampungan setempat, sehingga sejumlah warga desa tetangga berduyun-duyun mendatangi lokasi tersebut untuk memastikan kebenaran berita dengan penemuan udang merah.
Konon tersiar kabar bahwa udang tersebut tidak bisa dikonsumsi, dan dikhawatirkan terjadi sesuatu ketika dikonsumsi.
Lokasi yang belum terjamah dan alami ini menarik ribuan pengunjung pada Sabtu dan Minggu untuk berendam kaki sebagai salah satu terapi mengetahui jenis penyakit pengunjung.
Penasaran ingin melihat ribuan udang merah mirip cabai merah tersebut? Para pengunjung bisa mendatangi langsung ke Tanjung Sanjangan Desa Salumbia, Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli, yang berjarak 330 kilometer dari Kota Palu, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. BRN

Silakan komentar disini...