Partai Berkarya Poso Siap Bertarung Pileg 2019

621
PENGURUS Partai Berkarya Kabupaten Poso (kanan) saat menyerahkan berkas kepada pihak Kesbangpol setempat, Rabu (12/4/2017). FOTO: FAIZ

SultengTerkini.Com, POSO– Usai melaksanakan pembentukan struktur kepengurusan partai dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga kelurahan/desa, pada Rabu (12/4/2017), Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Andi Abdi yang didampingi Sekretarisnya Cesar Rembang, akhirnya mendatangi kantor Kesbangpol setempat.
Kegiatan pihak pengurus Partai Berkarya Poso itu sekaitan dengan diserahkannya sejumlah dokumen permohonan registrasi partai tersebut kepada pihak Pemerintah Kabupaten Poso melalui Kesbangpol Poso.
Pihak pengurus akhirnya diterima oleh Kepala Sub Bidang Partai Politik dan Pemilu Kesbangpol Pemkab Poso, Albert J Lumansik bertempat di ruang kerjanya Rabu siang tadi.
Andi Abdi mengatakan, keberadaan jajaran kepengurusan partai besutan Hutomo Mandala Putra Soeharto ini telah terbentuk di 19 kecamatan di wilayah Poso.
Termasuk kepengurusan partai hingga ke tingkat kelurahan dan desa, sehingga hal ini kata dia, sangat dimungkinkan terhadap partai yang dipimpinnya untuk segera mendaftarkan diri ke pihak pemerintah daerah setempat, sebagai salah satu persyaratan bagi setiap partai pendatang baru sebelum melangkah ke tingkat proses selanjutnya yakni proses verifikasi partai ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Poso.
“Semenjak saya terima surat mandat partai pada awal Januari 2017 yang lalu, langkah dan semangat untuk membentuk jajaran pengurus partai terus berjalan hingga hari ini,” katanya.
Terbukti, seperti apa yang telah dilaksanakan hari ini, satu persyaratan untuk tampil bertarung di setiap pesta demokrasi telah dipenuhi.
Dan ini kata dia, sekaligus membuktikan bahwa kehadiran Partai Berkarya di Tanah Poso, langsung mendapat tempat di hati masyarakatnya.
“Itu yang saya lihat dan rasakan disaat saya memperkenalkan soal landasan politik, termasuk arah kebijakan partai bagi kejayaan dan kemakmuran bangsa dan negara Indonesia, lebih khusus warga Kabupaten Poso,” ujar Andi Abdi yang juga mantan kader Partai Amanat Nasional itu.
Menurutnya, kehadiran Partai Berkarya di tengah warga Kabupaten Poso bukan hanya sekadar menjadi pelengkap ataupun menambah deretan nama partai politik yang telah ada selama ini. Namun akan jauh lebih besar dari itu, satu diantaranya yaitu melalui partai tersebut akan lebih memberikan suasana nuansa berpolitik yang elegan, dinamis dan bermartabat serta dapat dipercaya sebagai wadah penyambung aspirasi masyarakat guna terwujudnya masyarakat adil dan makmur, sebagaimana awal semangat terbentuk Partai Berkarya ini oleh para pendirinya di tingkat pusat.
Sejak awal bulan ini, Partai Berkarya telah menjaring beberapa kader terbaik partai perwakilan dari masing-masing daerah pemilihan yang ada di Kabupaten Poso untuk maju bertarung di ajang pemilihan Legislatif 2019 mendatang.
“Dan mereka ini hampir sebagian besar adalah sosok figur yang sangat dikenal dan ditokohkan keberadaannya di tengah masyarakat,” tegas politisi muda ini.
Sementara itu, Kepala Sub Bidang Partai Politik dan Pemilu Kesbangpol Poso, Albert J Lumansik membenarkan telah menerima satu bundel dokumen Partai Berkarya di wilayah kerjanya.
Hal yang sama juga kata dia, akan diberlakukan bagi setiap partai pendatang baru di wilayah Kabupaten Poso, sebelum masuk proses verifikasi partai ke KPUD Poso untuk memantapkan diri sebagai salah satu partai peserta pemilu legislatif tahun 2019 mendatang.
”Untuk Partai Berkarya ini, kami nyatakan sah dan terdaftar berdasarkan kelengkapan dokumen partai yang telah kami terima hari ini, termasuk partai Partai Solidaritas Indonesia. Sementara untuk Partai Idaman, kami masih menunggu diajukan kembali berkas dokumen partai yang sebelumnya sudah diserakan, namun belum lengkap,” tuturnya. FAI

Silakan komentar disini...