Tes Rikmin Awal, 350 Calon Polisi di Polda Sulteng Tidak Lulus

1499
KEPALA Bagian Pengendalian Personel Biro Sumber Daya Manusia Polda Sulteng Kompol Oki Ahadian P saat mengumumkan hasil tes pemeriksaan administrasi awal di hadapan ribuan calon siswa anggota Polri di Lapangan Mapolda Sulteng, Minggu (23/4/2017). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, PALU– Seleksi penerimaan terpadu calon anggota Polri mulai dari Akademi Kepolisian (Akpol), Brigadir hingga Tamtama tahun 2017 di Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) baru saja melewati tahapan tes pemeriksaan administrasi (rikmin) awal yang berlangsung selama sepekan.

Hasilnya, sebanyak ratusan calon siswa (casis) anggota Polri dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) atau gugur dalam tes rikmin awal tersebut.

Jumlah casis yang tidak lulus itu diketahui berdasarkan pengumuman hasil tes rikmin awal di Lapangan Mapolda Sulteng yang disampaikan oleh Kepala Bagian Pengendalian Personel Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulteng Kompol Oki Ahadian P, Minggu (23/4/2017).

“Dari jumlah calon siswa yang mengikuti rikmin awal yakni sebanyak 2. 034 orang, 350 orang diantaranya dinyatakan TMS (tidak memenuhi syarat), selebihnya 1. 684 orang MS (memenuhi syarat),” kata Oki kepada SultengTerkini.Com melalui WhatsApp di Palu, Minggu malam.

Dia merincikan, dari jumlah casis Akpol yang mengikuti rikmin awal sebanyak 48, sebanyak 40 orang dinyatakan MS dan TMS ada delapan orang.

“Delapan orang yang gugur itu yakni ada empat orang yang tidak memenuhi syarat tinggi badan, domisili kurang satu orang, dan mengundurkan diri tiga orang,” tutur mantan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Banggai itu.

Selanjutnya, Bintara Polri Tugas Umum atau BA PTU dari 1.664 orang yang ikut tes rikmin, 1.381 diantaranya memenuhi syarat, sisanya 283 orang tidak memenuhi syarat.

“Mereka yang tidak lulus itu karena tidak memenuhi syarat tinggi badan sebanyak 240 orang, domisili kurang 2 thn 16 orang, dan nilai kurang delapan orang, (ijazah) paket B satu orang, dan mengundurkan diri sebanyak 18 orang,” kata Oki.

Adapun casis Tamtama yang mengikuti ujian rikmin awal sebanyak 322 orang, memenuhi syarat sebanyak 263 orang, sementara TMS ada 59 orang.

“59 orang yang gugur itu karena lima orang mengundurkan diri, tinggi badannya tidak memenuhi syarat sebanyak 53 orang, dan paket B satu orang,” tuturnya.

Selanjutnya kata dia, 1. 684 orang casis dari tiga formasi, Akpol, Brigadir/Bintara dan Tamtama yang lulus dari tes rikmin awal itu akan mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan awal mulai Senin (24/4/2017) besok. CAL

Silakan komentar disini...