Situs Indosat Ooredoo Diretas Hacker

453
FOTO: DETIK.COM

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Sindiran akun Twitter @IM3OoredooJBTK terkadap kasus peretasan situs Telkomsel berbuntut panjang. Kini subdomain situs Indosat Ooredoo ikut dijahili oleh hacker.

Informasi tersebut diketahui dari screenshoot yang beredar di media sosial, di mana tampak tampilan subdomain arena.indosatooredoo.com yang telah diretas. Pelaku peretasan bernama Cepz Decoded. Dan seperti kasus Telkomsel, sang hacker pun meninggalkan pesan khusus.

“Ngerasain kan gimana kena hack? Tetap ganteng aja min, ra usah saling sindir, sesama provider saling support ae. Tanpa kalian kita bisa apa? Tanpa internet, langsung merana, kasian joblo yang kesepian, yakan yakan,” tulis si hacker.

Saat detikINET coba mengakses domain situs tersebut Sabtu siang (29/4/2017), pesan tersebut sudah tidak tampil. Hanya saja subdomain tersebut belum sepenuhnya pulih karena masih menampilkan pesan HTTP Error 404.

Sementara itu, dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Sabtu (29/4/2017), Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Deva Rachman membenarkan subdomain situsnya telah dibobol. Tapi subdomain tersebut dimiliki dan dikelola oleh partner Indosat Ooredoo dan sudah lama tak aktif.

“Saat ini kami tengah melakukan evaluasi terhadap prosedur dan pengaturan penggunaan situs subdomain yang menggunakan nama Indosat dan situs-situs microsite partner yang mengandung promosi yang lama tak aktif dan relevan,” tulis Deva.

Indosat pun melakukan langkah-langkah antisipasi untuk melindungi seluruh perangkat situs mereka dan anak-anak perusahaannya. Mereka pun bekerjasama dengan para partner agar situs mereka juga dalam keadaan aman.

Dalam kesempatan ini, Deva pun menyampaikan keprihatinan Indosat Ooredoo akan marak terjadinya peretasan website akhir-akhir ini. Tindakan tersebut menurutnya bukan saja menyerang salah satu kompetitornya, tapi seluruh kegiatan industri dan kegiatan dunia digital Indonesia.

Untuk menyikapi kejadian ini, maka perlu dilakukan usaha bersama untuk terus mendorong adanya nilai-nilai positif serta etika baik dalam penggunaan data internet oleh masyarakat maupun layanan data oleh operator agar akses dunia digital yang merata dan berkeadilan dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

“Kami percaya seluruh pihak harus bekerjasama untuk mencapai hal ini. Indosat Ooredoo berkomitmen memberikan pengalaman terbaik dalam menggunakan layanan data yang terjangkau dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat. Selain itu kami terus berupaya untuk memberikan pehamahaman dan edukasi kepada pelanggannya dalam pemakaian layanan data secara bijak,” ujar Deva.

“Hal ini kami lalukan melalui berbagai Program edukasi dan fitur layanan kami contohnya pelanggan dapat mengunduh aplikasi melalui https://bit.ly/myIM3 maupun memantau penggunaan data melalui *123#, MyIM3 dan SMS,” pungkasnya. (sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...