Presiden Jokowi ke Palu, 2.165 Aparat Gabungan Dikerahkan

1392
DANREM 132/Tadulako Kolonel Inf Muhammad Saleh Mustafa, Kepala Biro Operasional Polda Sulteng Kombes Almas Widodo Kolopaking, Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto, Dandim 1306/Donggala Letkol Kav I Gede Masa, Kapolres Palu AKBP Christ Reinhard Pusung saat meninjau Masjid Agung Darussalam sebagai lokasi Kongres ke 19 PMII, Sabtu (13/5/2017). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, PALU– Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan tiba di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (15/5/2017).

Kedatangan Presiden Jokowi itu dalam rangka menghadiri sekaligus membuka secara resmi Kongres ke 19 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang akan berlangsung di Masjid Agung Darussalam Kota Palu, Selasa (16/5/2017).

Terkait dengan itu, Korem 132/Tadulako menyatakan telah siap menyambut dan mengamankan seluruh kegiatan orang pertama di RI selama di Kota Palu.

Kepala Penerangan Korem 132/Tadulako Mayor CHK Dedy Afrizal saat dihubungi SultengTerkini.Com mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan jumlah personel untuk pengamanan Presiden Jokowi bersama rombongan selama di Kota Palu.

“Untuk jumlahnya sebanyak 2.165 orang, dengan rincian 1.071 TNI, 964 Polri, dan 130 aparat pemerintah daerah setempat,” kata Dedy Afrizal.

Sementara itu secara terpisah, Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto mengatakan, terkait jumlah pengamanan kunker Presiden Jokowi di Palu, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 2.000 personel dan akan disiagakan di tempat yang sudah ditentukan.

Hari mengatakan, 2.000 personel itu terdiri dari unsur Brimob, Sabhara, intelijen, lalu lintas, dan diperkuat polres jajaran.

“Kita juga libatkan unit khusus K9, dalmas, dan unit jibom. Tak hanya itu, pasukan Brimob dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara juga akan ikut terlibat dalam pengamanan RI 1 ini,” kata mantan Kepala Satuan PJR Direktorat Lalu Lintas Polda Sulteng itu.

Sejumlah pejabat negara juga dijadwalkan tiba dan ikut mendampingi Presiden Jokowi di Palu seperti Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI Bahrullah Akbar, dan Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI Jazilul Fawaid.

Selain itu, sejumlah menteri Kabinet Kerja juga akan hadir mengisi acara di Kongres PMII tersebut seperti Menteri Pemuda Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Ketenakerjaan Hanif Dakhiri, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan.

“Pak Kapolri sendiri akan tiba pada Senin tanggal 15 Mei dan malamnya akan mengisi kuliah umum kepada para peserta kongres,” tutur Hari Suprapto. CAL

Silakan komentar disini...