MU Lolos ke Liga Champions, Inggris Punya Lima Wakil

336
TITEL juara Liga Europa diraih ‘Setan Merah’ setelah mengalahkan Ajax Amsterdam dengan skor 2-0, di Friends Arena, Kamis (25/5/2017) dinihari WIB. FOTO: REUTERS

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Usai menjuarai Liga Europa, Manchester United berhak tampil di Liga Champions musim depan. Itu artinya, Inggris memiliki lima wakil di kompetisi tersebut.

Titel juara Liga Europa diraih ‘Setan Merah’ setelah mengalahkan Ajax Amsterdam dengan skor 2-0, di Friends Arena, Kamis (25/5/2017) dinihari WIB. Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan menentukan kemenangan MU lewat gol-gol yang tercipta di masing-masing babak.

Dengan demikian, Premier League akan menurunkan Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City, dan MU di fase grup. Sedangkan Liverpool, yang finis keempat, masih harus menjalani kualifikasi.

Bagaimana MU bisa langsung ke fase grup? Situs Uefa.com menyebutkan bahwa kondisi itu berkaitan dengan dua finalis Liga Champions; Juventus dan Real Madrid.

Mereka adalah juara di Italia dan Spanyol sehingga telah dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan. Maka jadilah juara Liga Europa berhak mendapatkan pelimpahan jatah untuk langsung masuk ke fase grup.

ESPN turut mengungkapkan bahwa Pogba dkk. akan berada di Pot 2 dalam pengundian. MU akan berada di Pot 3 di bawah Napoli, Spurs, dan Basel, andai finis empat besar dan tidak berlaga di Eropa pada musim ini. Tapi dengan kemenangannya di Liga Europa, pasukan Jose Mourinho itu mendapatkan tambahan poin koefisien UEFA.

Pogba dkk akan berada dalam satu pot bersama Barcelona, Atletico Madrid, Paris St. Germain, Borussia Dortmund, City, Porto, dan Sevilla kalau mereka lolos dari kualifikasi.

Kelolosan MU tersebut juga berarti Inggris hanya akan memiliki dua wakil di Liga Europa 2017-18. Arsenal yang finis kelima akan langsung ke babak grup, dan Everton, yang finis ketujuh di liga akan menjalani kualifikasi ketiga, pada akhir Juli.

RAIH ‘TREBLE’
Musim pertama Jose Mourinho di Manchester United secara umum boleh dibilang memuaskan. Dia mengantarkan The Red Devils meraih ‘treble’.

MU memenangi pertandingan final Liga Europa melawan Ajax Amsterdam. Dalam pertandingan yang berlangsung di Friends Arena, Stockholm, Kamis (25/5/2017) dini hari WIB, ‘Setan Merah’ menang dengan skor akhir 2-0.

Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan menjadi penentu kemenangan MU itu. Gol Pogba dicetak di babak pertama, sementara Mkhitaryan awal babak kedua.

Dengan keberhasilan ini, keputusan Mourinho mengorbankan Liga Inggris untuk mendapatkan trofi pun terbayar tuntas. Mereka juga sukses mengamankan satu spot di Liga Champions musim depan.

Sebelum ini, MU sudah mengamankan dua trofi. Ajang Piala Liga Inggris sukses mereka menangi. Pada laga final, MU sukses mengalahkan Southampton dalam pertandingan final yang berlangsung pada 26 Februari lalu.

Sementara satu ajang lainnya adalah Community Shield. MU mengalahkan juara Premier League 2015/2016, Leicester City .

Mourinho juga mencatatkan rekor apik saat menjalani laga final di kejuaraan Eropa bersama tim-tim yang diasuhnya. Dalam empat final, dia selalu berhasil menjadi juara.

The Special One sukses menjuarai Liga Champions bersama Inter Milan dan FC Porto. Sementara di Liga Europa, dia sukses menjadi pemenang bersama MU dan Porto.

AKHIRI KUTUKAN
Zlatan Ibrahimovic mengakhiri kutukan bersama bersama Manchester United. Dia akhirnya menjuarai kompetisi antarklub Eropa.

MU menjadi juara Liga Europa 2016/2017. The Red Devils mengalahkan Ajax Amsterdam di pertandingan final yang berlangsung di Friends Arena, Kamis (25/5/2017).

‘Setan Merah’ mengalahkan Ajax dengan skor akhir 2-0. Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan menjadi penentu kemenangan tim besutan Jose Mourinho itu.

Squawka melansir data bahwa kesuksesan ini merupakan yang pertama bagi Ibrahimovic dalam 18 tahun kariernya sebagai pesepakbola memenangi kejuaraan Eropa bersama klub yang dibelanya.
Sebelumnya, Ibrahimovic selalu gagal menjadi juara saat membela klub-klub seperti Juventus, Inter Milan, Barcelona, dan Juventus.

Ibrahimovic tak bermain di laga final Liga Europa karena mengalami cedera ligamen lutut. Cedera itu didapat saat MU menyingkirkan Anderlecht di babak perempatfinal Liga Europa.

Ibrahimovic memberikan sumbangan sebanyak lima gol sembari mencetak empat assist untuk MU hasil 11 pertandingan di Liga Europa musim ini. (sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...