Satgas TMMD Datang, Akses Jalan Dua Desa di Tolitoli Terhubung

785
PENGERJAAN jembatan Bentang sepanjang lebih kurang 4 meter yang menghubungkan dua desa di Kecamatan Dampal Utara, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah yaitu Dusun Boangin dengan Desa Stadong sudah memasuki tahap 40% pengerjaan oleh prajurit Satgas TMMD dari Kodim 1305/BT dan warga setempat, Rabu (12/7/2017). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, TOLITOLI– Memasuki Minggu kedua pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 99 di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah mulai kelihatan hasilnya, khususnya hasil pekerjaan di bidang sasaran fisik, seperti yang dilaksanakan pada Rabu (12/7/2017) hari ini.

Pengerjaan jembatan Bentang sepanjang lebih kurang 4 meter yang menghubungkan dua desa di Kecamatan Dampal Utara yaitu Dusun Boangin dengan Desa Stadong hingga hari ini sudah memasuki tahap 40% pengerjaan.

Prajurit-prajurit Satgas TMMD dari Kodim 1305/BT dan instansi lainnya bahu membahu bersama warga desa setempat bergotong-royong menyelesaikan pengerjaan jembatan penghubung tersebut.

Bagi warga kedua desa di atas, keberadaan jembatan ini sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena jembatan ini merupakan sarana bagi masyarakat untuk mempermudah akses kedua desa baik dalam kehidupan mereka sehari-hari, termasuk digunakan untuk mempermudah masyarakat membawa hasil kebun dan pertaniannya ke pasar-pasar.

Selama ini kondisi jembatan tersebut sudah sangat memprihatinkan karena hanya bersifat darurat dari kayu yang sudah dimakan usia, sehingga dapat membahayakan warga yang lewat di atasnya.

Dengan adanya program TMMD ini warga sangat senang karena jembatan darurat ini dapat diubah menjadi jembatan yang permanen, sehingga warga kedua desa tidak khawatir lagi untuk menggunakannya.

Menurut Dansatgas TMMD ke 99, Letkol Kav Anker Widianto yang juga menjabat sebagai Dandim 1305/BT, program fisik TMMD ke 99 di Kabupaten Tolitoli kali ini lebih banyak kepada sarana dan fasilitas umum berupa pembukaan jalan kantong produksi, pembuatan saluran irigasi, perbaikan jembatan dan lain-lain.

Hal ini sesuai petunjuk dari komando atas agar manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh warga dimana lokasi TMMD dilaksanakan.

Ia juga menyampaikan, penentuan sasaran fisik ini dilakukan secara bersama-sama antara Kodim 1305/BT dengan Pemkab Tolitoli berdasarkan skala prioritas kebutuhan warga, sehingga ditunjuklah lokasi TMMD kali ini di Kecamatan Dampal Utara.

Selain pengerjaan perbaikan jembatan, Satgas TMMD kali ini juga melakukan pembukaan jalan perintis yang menghubungkan Dusun Boangin dengan Desa Mimbala yang hingga hari ini sudah terlaksana sepanjang 3.600 meter dari yang direncanakan sepanjang 12 kilometer (km).

“Pembuatan jalan perintis ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dapat menghemat jarak tempuh sepanjang 28 km dari route sebelumnya yang menyisiri pantai sepanjang 40 km,” jelasnya.

Seluruh program yang telah direncanakan tersebut tidak dapat terlaksana tanpa ada peran serta aktif dari warga karena sesuai dengan tujuannya Tentara Manunggal Membangun Desa ini merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan warga untuk menciptakan ruang wilayah pertahanan darat serta menyiapkan warga untuk menjadi komponen pertahanan dan keamanan di wilayahnya masing-masing. */CAL

Silakan komentar disini...