Jelang HUT RI, Tim Eco Office Cek Kebersihan dan Keindahan Kantor dan Sekolah

304
KEPALA Dinas Lingkungan Hidup yang diwakili Meladi Lemba menyampaikan arahan kepada Tim Eco Office sebelum melakukan penilaian di lapangan, Senin (31/7/2017). FOTO: HAFSA

SultengTerkini.Com, PALU– Menyambut Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 72, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Dinas Lingkungan  Hidup (DLH) kembali menurunkan tim office untuk melakukan penilaian kebersihan dan keindahan untuk kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sekolah dan kantor vertikal di wilayah kerjanya.

“Penilaian kali ini masih sama seperti sebelumnya, hanya diimbau agar menilai sesuai apa yang dilihat di lapangan,” papar Meladi Lemba mewakili Kadis DLH Sulteng saat rapat, Senin (31/7/2017).

Meladi mengatakan, pelaksanaan Program Eco Office Lingkup Provinsi Sulteng berupaya mewujudkan komitmennya perihal menjaga kebersihan dan keindahaan sebagai cerminan pemerintahan yang peduli lingkungan.

“Tim Eco Office yang nantinya akan turun ini berjumlah empat tim dan satu tim berjumlah lima orang keterwakilan dari LSM, pers, PKK, Darma Wanita, organisasi tentang lingkungan,” tutur Meladi.

Eco Office ini sudah dilaksanakan sejak 2013 lalu sehingga OPD dan sekolah yang akan dikunjungi pasti telah mengetahuinya karena pihaknya tidak memberikan lagi surat pemberitahuan dan hanya mengharapkan ada kesadaran.

“Kita harapkan dari seringnya melakukan penilaian ada kesadaran tanpa harus ada pemberitahuan. Kita hanya menuntut supaya ada perubahan dari tahun ke tahun, karena tidak berat juga yang diminta cukup ada tanaman hijau, tempat sampah, menjaga atau menghemat listrik dan air, ada slogan bentuk kepedulian di masing-masing kantor,” kata Meladi.

Sementara itu, salah satu Tim Penilai dari Asosiasi Anggrek Sulteng, Siahaan mengatakan, jika apa yang telah dilakukan pemerintah itu wujud untuk memotivasi kesadaran utamanya para pemangku kebijakan.

“Apalah artinya masyarakat jika pemangku kebijakan tak bisa mengimbau kepada bawahannya untuk menerapkan hidup bersih, nah kalo itu sudah tertanam otomatis Dinas Kebersihan itu bisa terbantu,” tutur Siahan. SAH

Silakan komentar disini...