Galang Donasi Rohingya, LazisMu Tolitoli Gunakan Medsos

275
KETUA Muhammadiyah Kabupaten Tolitoli Arifudin (baju batik biru) saat memberikan bantuan kepada Ketua LazisMu Arief Rahman sebagai wujud kepedulian atas krisis kemanusiaan di Rakhine Myanmar, belum lama ini. FOTO: LAZISMU TOLITOLI

SultengTerkini.Com, TOLITOLI– Berbagai cara dilakukan oleh sejumlah penggiat sosial di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah untuk membantu para pengungsi Rohingya di Myanmar akibat terjadinya krisis kemanusiaan dan eksodus besar-besaran.

Salah satunya yang dilakukan Lembaga Amal Zakat Infak dan Shodaqoh Muhammadiyah (LazisMu) Kabupaten Tolitoli, yakni dengan mengumpulkan donasi melalui media sosial Facebook.

Ketua LazisMu Kabupaten Tolitoli, Arif Rahman menjelaskan, pihaknya berkomitmen sekuat tenaga dengan sejumlah pengurus LazisMu lainnya untuk membantu para pengungsi Rohingya lewat pengumpulan donasi yang dilakukan melalui media sosial Facebook meskipun tanpa melakukan aksi turun ke jalan.

“Upaya yang kami lakukan ini sangat efektif, karena dikarenakan hampir 80 masyarakat yang ada di daerah ini sudah menggunakan gadget yang tentunya memiliki akun facebook, sehingga terdorong untuk memberikan kepedulian melalui bentuk pemberian donasi kepada kami dengan sistem melalui transfer ke rekening bank yang sudah kami siapkan,” ujar pria yang biasa disapa Bang Arief kepada SultengTerkini.Com, Rabu (20/9/2017).

Sebagai salah satu lembaga yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, LazisMu Kabupaten Tolitoli terus berperan aktif dalam setiap aksi kemanusiaan baik itu dibidang pendidikan maupun bencana alam.

“Dari 11 Lembaga resmi yang ditunjuk oleh pemerintah Indonesia, LazisMu salah satu yang diberikan kepercayaaan penuh untuk menyalurkan bantuan ke wilayah Rakhine serta sudah mendapatkan izin dari pemerintah Myanmar untuk melakukan misi kemanusiaan,” tuturnya.

Ia mengatakan, hingga saat ini donasi yang dikumpulkannya di Kabupaten Tolitoli mencapai Rp73.597.597.

Dmana laporan donasi tersebut disampaikan secara terbuka kepada publik sebagai wujud transparansi penggalangan dana bagi kemanusiaan etnis muslim Rohingya.

Selaku penanggung jawab Lazismu di daerah Tolitoli, pihaknya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat di wilayahnya atas kepeduliannya lewat donasi untuk membantu etnis muslim Rohingya. SBR

Silakan komentar disini...