Fun Bike dan Pasar Murah Meriahkan HUT TNI di Poso

236
FUN BIKE, salah satu kegiatan yang memeriahkan HUT TNI ke 72 di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Sabtu (30/9/2017). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, POSO– Momentum peringatan HUT TNI ke 72 tahun ini dijadikan sebagai salah satu sarana untuk lebih mensinergikan seluruh komponen bangsa, khususnya antara TNI dengan rakyat, karena TNI tidak dapat dipisahkan dari rakyat.

Hal ini berlaku juga di Kabupaten Poso, kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat serta komponen bangsa lainnya sangat penting dalam rangka untuk mengembalikan kembali citra Poso yang pernah hancur dilanda konflik belasan tahun lalu yang membawa dampak lambatnya proses pemulihan psikologis masyarakat.

Oleh karena itu, TNI yang diprakarsai oleh Kodam, Korem serta Kodim 1307/Poso bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso menjadikan momentum peringatan HUT TNI tahun ini sebagai ajang untuk lebih merekatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Diprakarsai oleh Dandim 1307/PS Letkol Inf Dody Triyo Hadi dan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, Kodim dan pemkab sepakat untuk mewujudkan kembali ciri khas Poso sebagai daerah penghasil eboni (kayu hitam) dengan melaksanakan kegiatan penghijauan berupa pencanangan penanaman sejuta pohon eboni.

Selain itu, Dandim juga menggelar acara fun bike dan pasar murah dalam rangka memperingati HUT TNI ke 72 pada Sabtu (30/9/2017) bertempat di kantor Badan Diklat Poso di Desa Maliwuko, Kecamatan Lage, Poso.

Kegiatan fun bike yang menempuh jarak 15 kilometer ini diikuti kurang lebih 1.000 orang peserta termasuk Bupati Poso, Dandim 1307/PS, Kapolres Poso, Danyonif 714/Sintuwu Maroso dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah Kabupaten Poso serta masyarakat.

Sebagai penggagas kegiatan ini, Dandim mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT TNI ke 72 tahun 2017.

Selain itu juga untuk mengetahui dan memasyarakatkan kembali olah raga bersepeda di Kabupaten Poso yang telah lama hilang pasca kerusuhan, sehingga kegiatan ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan kembali.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyongsong event nasional balap sepeda Tour De Central Celebes (TDCC) 2017 agar masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya penggemar olah raga bersepeda tahu bahwa Poso sudah aman dan kondusif serta siap untuk mendukung even nasional tersebut.

Terpenting menurut Letkol Dody, adalah kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi, kebersamaan dan kekompakan antara TNI dengan masyarakat Poso.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Poso Darmin Sigilipu menyatakan kegembiraannya atas dilaksanakannya even fun bike karena hal ini manfaatnya sangat penting, baik bagi diri sendiri maupun untuk kebersamaan.

Karena menurutnya, bagi diri sendiri dapat menyehatkan jiwa dan raga dan secara kebersamaan dapat lebih mempererat lagi kemanunggalan antara TNI, pemkab dan masyarakat guna mempercepat proses pembangunan di Poso.

Ia mengatakan, bila semua komponen ini bersatu maka pembangunan daerah akan berhasil lebih cepat dan bermanfaat bagi masyarakat.

Ia juga mengatakan, kegiatan fun bike dalam rangka peringatan HUT TNI tahun ini dicanangkan sebagai Hari Bersepeda di Kabupaten Poso.

Pelepasan peserta kali ini dilakukan oleh Bupati Poso dan dilanjutkan giat fun bike ± 15 kilometer diawali konvoi mobil branding TDCC 2017.

Kegiatan fun bike kali ini memperebutkan hadiah dan doorprize berupa empat unit sepeda gunung, tiga mesin cuci, satu TV Led 32 inci, dua telepon genggam, lima buah rice coocker, lima buah kompor gas dan puluhan hadiah hiburan lainnya.

Sejak terjadi konflik SARA di Poso, Fun Bike baru permata kali diselenggarakan kembali pada hari ini dan disambut antusias oleh warga Poso. CAL

Silakan komentar disini...