Kapolsek Bunta Pikul Korban Luka Bakar ke Puskesmas Sejauh 5 Km

481
KAPOLSEK Bunta, Iptu Candra memikul Isak Linggi (43), seorang warga di wilayahnya dengan berjalan kaki sejauh 5 kilometer dari rumahnya di Sup Dusun III Mumpe Desa Doda (suku terasing) Kecamatan Simpang Raya ke Puskesmas Bunta, Senin (16/10/2017) pagi. FOTO: IST

SultengTerkini.Com, BUNTA– Kapolsek Bunta, Iptu Candra mengevakuasi salah satu warga asal Sup Dusun III Mumpe Desa Doda (suku terasing) Kecamatan Simpang Raya, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Senin (16/10/2017) sekira jam 10.00 Wita.

Warga bernama Isak Linggi (43), seorang petani itu dievakuasi dengan dipikul oleh Kapolsek Candra ke Puskesmas Bunta karena mengalami luka bakar pada bagian kaki sebelah kanan hingga kelihatan tulang dan sudah membusuk.

Menurut Kapolsek Candra, kejadian yang dialami Isak itu terjadi pada Maret 2017 dan hingga sekarang malah semakin parah karena badan korban sudah kurus akibat luka yang diderita karena tidak mendapatkan perawatan medis.

Oleh karena itu, Kapolsek Candra bersama Babinkamtibmas berkoordinasi dengan instansi terkait yakni Kades Doda dan Kadis Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit Umum Luwuk untuk meminta dilakukan penanganan.

“Sehingganya setelah mendapatkan jawaban dari instansi terkait pada saat itu juga korban langsung kami evakuasi ke Puskesmas Bunta untuk dilakukan penanganan medis secara intensif,” kata Kapolsek Candra.

Ia mengatakan, korban selama sakit tidak mendapatkan perawatan medis yang memadai dan hanya dirawat seadanya di rumahnya dikarenakan oleh faktor biaya karena kondisi keluarga sangat miskin.

Dengan adanya koordinasi dan pemberian pemahaman oleh Kapolsek Bunta kepada korban dan keluarga bahwa pemerintah siap membantu biaya pengobatan kepada korban, maka pada saat itu korban bersedia untuk dievakuasi ke Puskemas Bunta dengan menempuh jalan kaki sekitar 5 kilometer ke jalan raya melewati hutan dan semak belukar serta menyeberangi sungai untuk membawa korban dengan menggunakan alat tradisional dari kayu dan bambu kemudian korban dipikul.

Sekira jam 11.30 Wita korban tiba di Puskesmas Bunta dan langsung dilakukan penanganan medis yang dipimpin oleh Dokter Vermon Pakaya dan staf medis Puskesmas Bunta. CAL

Silakan komentar disini...