Lima Hal yang Dialami Tubuh Jika Tidak Sarapan

146
SEBELUM memulai aktivitas, selalu sempatkan sarapan. FOTO: THINKSTOCK

SultengTerkini.Com, JAKARTA- Untuk mengawali hari, sempatkan diri untuk sarapan di pagi hari. Banyak pakar menyebut, sarapan adalah makan paling penting dalam sehari. Melewatkan sarapan akan berdampak pada kesehatan secara keseluruhan, mulai dari jantung hingga sistem metabolisme.

Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Risiko kegemukan
    Bukankah mengurangi makan akan mencegah kegemukan? Teorinya demikian, tetapi dalam praktiknya tidak sesederhana itu. Berbagai penelitian membuktikan, orang-orang yang tidak sarapan cenderung lebih rentan terhadap perilaku makan berlebihan di siang dan malam hari. Dampaknya, asupan kalori jadi lebih banyak.
  2. Gangguan siklus menstruasi
    Sebuah penelitian tahun 2010 menyebut bahwa komposisi hormonal juga dipengaruhi oleh pola makan. Penelitian yang muncul di jurnal Appetite ini menunjukkan bahwa keluhan nyeri haid dan siklus yang tidak teratur lebih banyak ditemukan pada perempuan yang jarang sarapan.
  3. Bad mood
    Kadar gula darah besar pengaruhnya terhadap suasana hati. Orang-orang dengan pola makan sehat, dilaporkan punya kemampuan lebih baik dalam mengontrol suasana hati. Termasuk di antaranya, mereka yang rajin sarapan.
  4. Lemas
    Kadar gula yang rendah di dalam darah ketika tidak sarapan membuat sumber energi sangat terbatas. Tubuh akan menunjukkan tandanya dengan rasa lemas, cepat letih, dan sering mengantuk.
  5. Susah fokus
    Kemampuan otak juga terdampak jika seseorang tidak pernah sarapan. Fungsi otak akan mengalami penurunan, terutama dalam menjaga konsentrasi. Ini biasanya terjadi di pagi hari ketika seseorang berangkat kerja tanpa sarapan dulu sebelumnya. (sumber: detik.com)
Silakan komentar disini...