Gempa 4,3 SR Guncang Sigi

231

SultengTerkini.Com, SIGI– Gempa bumi tektonik mengguncang Desa Kamarora, Kecamatan Nokilalaki, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dan daerah sekitarnya, Selasa (24/10/2017) sekira pukul 00:24 Wita.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu, Petrus Demon Silli kepada jurnalis, Selasa, hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi yang terjadi berkekuatan atau magnitude 4.3 Skala Richter (SR).

Ia mengatakan, lokasi pusat gempa berada di darat, 6 km arah timur laut Kamarora, Sigi pada koordinat 1.17 LS-120.18 BT kedalaman 18 kilometer.

Menurutnya, ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktivitas Graben Palolo.

Getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara III-IV MMI di Kamarora, Makmur, Sigi, Wuasa, Kabupaten Poso, dan daerah di sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi.

Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak, tetapi tidak menimbulkan kerusakan, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempa bumi dirasakan lemah-sedang (II SIG BMKG/III-IV MMI) di Wuasa; lemah-sedang (II SIG BMKG/III MMI) di Tambarana.

Terkait dengan peristiwa tersebut, ia mengimbau kepada masyarakat di sekitar lokasi sumber gempa bumi agar tetap tenang mengingat gempa bumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak.

“Hal-hal yang berkenaan dengan kejadian gempa bumi agar tetap mengikuti arahan BPBD dan Informasi BMKG,” kata Petrus Demon Silli. CAL

Silakan komentar disini...