Inilah Rute Pembalap TDCC 2017 di Sulteng

3784
RUTE TDCC 2017 di wilayah Kota Palu, Sulawesi Tengah. (Sumber: Bagian Operasional Polres Palu)

SultengTerkini.Com, PALU– Kegiatan balap sepeda bertaraf internasional atau Tour De Central Celebes (TDCC) yang melintasi wilayah Kabupaten Tojo Unauna, Poso, Parigi Moutong, Sigi, Donggala dan Kota Palu akan mulai digelar pada 6-8 November 2017 mendatang. Berbagai persiapan pihak panitia tengah dirampungkan, termasuk rute yang akan dilalui para pembalap TDCC 2017.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pembagian etape dan rute yang dilalui rombongan balap sepeda itu dimulai dari etape 1 (Tojo Unauna-Poso) dengan start di Ampana (Taman Anjungan Hayal) dan finish di Poso (Anjungan Festival Danau Kota AFD) dengan jarak tempuh 196 kilometer.

Kemudian etape 2 (Poso-Parigi Moutong) dengan start di Poso (kantor Bupati Poso) dan finish di Parigi, Kayu Bura (lokasi Sail Tomini) dengan jarak tempuh 142.9 kilometer.

Berikutnya etape 3 (Parigi Moutong-Palu) dengan start dari Parigi, Kayu Bura (lokasi Sail Tomini) dan finish di Palu (kantor Gubernur Sulawesi Tengah dengan jarak tempuh 143.3 kilometer.

Khusus untuk rute di wilayah Kota Palu, Kabag Operasional Polres Palu AKP Sulardi menjelaskan, para peserta yang tiba dari Kebun Kopi, Kabupaten Donggala dan akan menuju Kabupaten Sigi itu melewati jalur dimulai dari pintu gerbang selamat datang Kota Palu kemudian ke Jalan Trans Sulawesi, Soekarno Hatta, Sisingamangaraja, Muhammad Yamin, Dewi Sartika, simpang tiga gerbang selamat datang Kabupaten Sigi.

“Sementara rute dari Kabupaten Sigi dan finish di kantor gubernur Sulteng Jalan Sam Ratulangi itu ada beberapa jalur yang dilalui,” kata Sulardi.

Mantan Kapolsek Palu Selatan itu menjelaskan, jalur yang dilalui itu mulai dari Bundaran Palupi, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Pue Bongo, SIS Aljufri, Gajah Mada, Sultan Hasanuddin, Jenderal Sudirman, Mohammad Hatta, Setia Budi, Tadulako, Cik Ditiro, H Hayyun, Kimaja, Wahid Hasyim, Pangeran Diponegoro, Cumi-cumi, Raja Moili, Komodo, Heni Putri Kaili, Yos Sudarso, dan finish di kantor Gubernur Sulteng Jalan Sam Ratulangi.

Kegiatan TDCC 2017 itu diikuti oleh 15 tim yang terdiri dari 10 tim internasional yang berasal dari 12 negara dan lima tim nasional.

“Jumlah seluruh peserta pembalap dan ofisial kurang lebih 500 orang,” kata Sulardi.

Sebelumnya diberitakan, Polda Sulteng akan menurunkan ribuan personelnya dalam rangka mengamankan dan menyukseskan kegiatan internasional tersebut.

“Personel kepolisian yang diturunkan dalam kegiatan tersebut sebanyak 1.490 orang,” kata Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto kepada media ini.

Hari menyebutkan, ribuan personel kepolisian itu terdiri dari Polda Sulteng sebanyak 260 orang, Polres Palu 300 orang, Polres Sigi 200 personel, Polres Donggala 50 personel, Polres Parigi Moutong 180 orang, Polres Poso 250 orang, dan Polres Tojo Unauna sebanyak 250 orang.

Menurutnya, ribuan personel kepolisian itu akan ditugaskan mulai dari pengaturan, penjagaan, patroli hingga pengawalan para peserta TDCC.

Ia mengatakan, banyaknya polisi yang dilibatkan dalam pengamanan itu karena pada saat kegiatan balap sepeda itu biasanya akan terjadi keramaian massa, terutama di jalan-jalan yang dilalui peserta TDCC. CAL

Silakan komentar disini...