Palu dan Sekitarnya Padam Listrik, Ternyata Ini Penyebabnya…

2585
ILUSTRASI

SultengTerkini.Com, PALU– Kota Palu dan sekitarnya di Sulawesi Tengah mengalami pemadaman listrik selama beberapa jam, Sabtu (11/11/2017). Menurut pihak PLN Area Palu, pemadaman listrik pada Sabtu hari ini karena sistem Sulawesi Selatan, Tenggara, Barat (Sulselrabar) mengalami gangguan yang berimplikasi pada jaringan interkoneksi Sulselrabar-Sulteng.

Akibatnya sebagian besar kota di Sistem Interkoneksi Transmisi sisi 150 kV dan sisi 275 kV terputus, sehingga menyebabkan pelanggan PLN di beberapa daerah Kota Makassar, Tentena, Poso, Kota Palu, Parigi, Donggala dan Sigi mengalami pemadaman aliran listrik.

“Pada pukul 11.37 Wita, PLN Suluttenggo bertindak cepat dengan melakukan pemulihan sistem kelistrikan Kota Palu dilaksanakan secara isolated dari sistem PLTU Mpanau, yaitu dengan beroperasinya pembangkit dan jaringan terpisah sementara dari sistem Sulsel dan Sulteng guna memasok aliran listrik ke sebagian daerah di Sulteng, seiring dengan penormalan kembali sistem interkenoneksi, sehingga pada pukul 11.43 Wita, sebagian wilayah Kota Palu dapat dinyalakan secara bertahap,” tutur Manajer PLN Area Palu, Emir Muhaimin kepada jurnalis, Sabtu malam.

Hingga malam ini sekira pukul 20.28 Wita kondisi di sistem Paposta (Pamona Poso Tambarana Sidera) dan Palapas (Palu, Donggala, Parigi dan Sigi) sedang dalam penormalan.

Sistem interkoneksi Sulbagsel dan Sulteng sudah mulai memasok listrik secara bertahap ke gardu induk yang kemudian akan dialirkan ke masyarakat.

Sebanyak 37 dari total 39 penyulang sudah bertegangan.

Untuk itu, PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan, serta meminta doa dan dukungannya.

“Semoga penormalan dapat berjalan cepat dan baik. Selanjutnya PLN akan melakukan evaluasi penyebab gangguan sistem interkoneksi Sulbagsel-Sulteng agar kedepannya tidak terjadi lagi,” kata Emir Muhaimin. CAL

Silakan komentar disini...