Lagi, Palu dan Sigi Digoyang Gempa 5,1 SR

336
ILUSTRASI

SultengTerkini.Com, PALU– Setelah Sabtu (25/11/2017) pukul 16.14.49 WIB, wilayah Kabupaten Sigi dan Kota Palu di Sulawesi Tengah diguncang gempabumi tektonik berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR), kini gempa serupa kembali menggoyang wilayah yang sama, namun dengan kekuatan lebih besar yaitu 5,1 SR pada pukul 18.11.24 WIB. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Moch Riyadi, gempa kedua ini episenternya terletak pada koordinat 1,23 LS dan 119,97 BT dengan kedalaman hiposenter 10 kilometer.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di Kota Palu dan Kabupaten Sigi dalam skala intensitas II SIG BMKG atau III-IV MMI.

Karena guncangan lebih kuat, maka banyak warga yang kembali berlarian keluar rumah.

“Gempabumi tetap merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Palukoro,” katanya.

Moch Riyadi mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber tetap sama yang menunjukkan bahwa gempa dipicu penyesaran dengan mekanisme oblique normal yaitu penyesaran dengan kombinasi pergerakan mendatar dan turun.

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Sigi dan Kota Palu diimbau agar tetap tenang. Gempabumi ini belum berpotensi merusak,” tutur Moch Riyadi. CAL

Silakan komentar disini...