Karyawan PT SMI Morowali Tewas Tergilas Mesin Pabrik

818
ILUSTRASI

SultengTerkini.Com, MOROWALI– Kasus kecelakaan kerja kembali menimpa seorang karyawan perusahaan tambang di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Kali ini seorang karyawan PT Sulawesi Mining Investment (SMI) di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) tewas tergilas mesin pabrik.

“Iya betul. Kejadiannya Jumat (8/12/2017) pagi sekira pukul 08.30 Wita,” kata Juru Bicara PT IMIP, Dedy Kurniawan saat dikonfirmasi SultengTerkini.Com, Sabtu (9/12/2017).

Dedy menjelaskan kronologisnya, saat itu korban bernama Tahrir Latola yang bekerja sebagai mekanik bersama dua rekannya mendapat tugas membersihkan dan memperbaiki mesin padle mixer di area smelter milik PT SMI di kawasan PT IMIP.

Saat itu, mesin yang dikerjakan dalam kondisi off atau mati.

Sementara itu, tak jauh dari lokasi korban bekerja, seorang karyawan lainnya berinisial L yang bertugas sebagai Foreman tiba-tiba melihat salah satu mesin menyemburkan debu.

Karena kaget, secara refleks L menekan tombol untuk mematikan mesin yang menyemburkan debu itu. Celakanya, L salah menekan tombol. Ia justru menekan tombol yang membuat mesin yang sedang dikerjakan oleh Tahril menyala.

Akibatnya, korban yang sedang berada di dalam mesin tergilas dan mengalami luka parah. Upaya pertolongan dilakukan, namun karena lukanya, korban tidak terselamatkan dan tewas di lokasi kejadian.

“Korban bekerja sejak tahun 2014. Saat ini korban tercatat sebagai karyawan tetap PT SMI dengan posisi sebagai mekanik,” kata mantan jurnalis TV One itu.

Usai divisum, jenazah korban langsung dipulangkan ke kampung halamannya di Kabupaten Poso.

Pihak PT SMI diwakili oleh Kepala HRD PT SMI, Wahid Rizal ikut mengantar jenazah korban hingga ke Poso.

Sebelumnya pada Ahad (21/5/2017) sekitar pukul 09.15 Wita kasus kecelakaan kerja juga menimpa Joko Hama Ngadi (50), seorang karyawan PT SMI yang tewas terlindas sebuah kendaraan alat berat jenis buldoser di lokasi pabrik perusahaan di Desa Fatufia, Kecamatan Bahodopi, Morowali. CAL

Silakan komentar disini...