Diprediksi Naik, Telkomsel Palu Siap Hadapi Lonjakan Trafik Tahun Baru

362
KETUA Natal Tahun Baru Network Service Telkomsel Palu, Wahyudi Alimuddin saat menunjukkan trafik layanan voice dan data kepada sejumlah jurnalis di kantornya Jalan Muhammad Yamin, Jumat (29/12/2017). FOTO: ICHAL

SultengTerkini.Com, PALU– Pihak Telkomsel Palu di Sulawesi Tengah memprediksi akan terjadi lonjakan terhadap trafik atau penggunaan layanan, baik itu voice maupun data pada malam pergantian tahun, 31 Desember 2017 nanti.

“Kita perkirakan lonjakan trafik pada Tahun Baru 2018 mendatang sekitar 26 persen untuk voice, dan datanya 30,55 persen,” kata Ketua Natal Tahun Baru Network Service Telkomsel Palu, Wahyudi Alimuddin kepada sejumlah jurnalis di kantornya Jalan Muhammad Yamin, Jumat (29/12/2017).

Ia mengatakan, tingginya prediksi lonjakan bagi pengguna layanan data karena saat ini banyak pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berbagai aktivitas komunikasinya seiring dengan tingginya penggunaan media sosial.

Menurut Wahyudi, pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan itu dengan berbagai upaya, diantaranya adalah penambahan kapasitas dan kualitas jaringan di wilayah kerjanya.

Ia mengatakan, peningkatan kapasitas network sudah dilakukan sebagai antisipasi lonjakan trafik meliputi jaringan 4G LTE sebanyak 39 BTS, 33 BTS 2G dan 10 BTS 3G untuk mengcover POI Natal dan Tahun Baru 2018.

“Untuk kapasitas dan kualitas selama Natal dan Tahun Baru dilakukan penambahan sebanyak empat Combat,” tutur Wahyudi yang juga Supervisor Radio Transport Power Operation Telkomsel Luwuk itu.

Pihak Telkomsel Palu juga telah menyiapkan sebanyak 14 POI atau Point of Interest di Sulteng yakni Bandara Mutiara SIS Aljufri (18 site), Bandara Luwuk (tiga site), Gereja Kristen Kolonedale (tujuh site), Gereja Tentena (empat site), Lapangan Haji Hayyun Tolitoli (28 site), Luwuk Shopping Mall dan Pelabuhan Luwuk (16 site).

Selanjutnya di Mall Tatura Palu (12 site), Palu Grand Mall (21 site), Pantai Talise (tujuh site), Pelabuhan Luwuk Banggai (15 site), Pertokoan Palu (13 site), Poso City Mall (19 site), Teluk Palu (10 site), dan Toboli Parigi (empat site).

Untuk memastikan kesiapan semua POI di wilayahnya itu, maka dilakukan tes kualitas jaringan dan hasilnya baik.

“Dengan penambahan kapasitas dan kualitas, maka kami tentunya siap dan optimis menghadapi lonjakan trafik pada malam tahun baru,” tutur Wahyudi sembari menambahkan, bahwa pada perayaan Natal di Sulawesi Tengah, trafik data maupun voice Telkomsel juga mengalami kenaikan yakni di atas angka 20 persen. CAL

Silakan komentar disini...