Kapolres Touna (juga) Dimutasi

1225
Bagus Setiyono

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Mabes Polri kembali memutasi sejumlah kapolres di Indonesia, termasuk seorang kapolres yang bertugas di Polda Sulawesi Tengah.

Adalah Kapolres Tojo Unauna (Touna) AKBP Bagus Setiyono juga kena mutasi berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/17/I/2018 tertanggal 5 Januari 2018 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Polisi Arief Sulistyanto.

Dalam surat telegram itu, Kapolres Touna AKBP Bagus Setiyono dimutasi ke Polda Sumatera Barat sebagai Kepala Bagian RBP Biro Rena.

Sementara penggantinya adalah AKBP Boyke Karel Wattimena yang saat ini masih menjabat Kasubdit I Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Nusa Tenggara Barat.

AKBP Boyke Karel Wattimena pernah bertugas selama beberapa tahun di Polda Sulteng diantaranya sebagai perwira pertama di Direktorat Reserse Kriminal Khusus dan juga menjabat sebagai Wakapolres Palu.

Selain Kapolres Touna, Kapolres Sumba Barat Polda Nusa Tenggara Timur AKBP Muhammad Erwin dimutasi ke Polda DIY sebagai Wakil Kepala Satuan Brimob.

Dia digantikan oleh AKBP Gusti Mayohandra Lesmana yang saat ini menjabat Kasubdit Gakkum Direktorat Polisi Perairan Polda Kalimantan Barat.

Kapolres Pohuwato Polda Gorontalo AKBP Ary Donny Setiawan dimutasi sebagai Kabag Dalpers Biro Sumber Daya Manusia Polda Jawa Tengah. Jabatan Kapolres Pohuwato selanjutnya akan dipegang AKBP Dafcoriza yang saat ini menjabat Kasubdit Kamsel Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Barat.

Sebelumnya, Mabes Polri juga memutasi sejumlah perwira tinggi di sejumlah kepolisian daerah berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/16/I/2018 tertanggal 5 Januari 2018 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Polisi Arief Sulistyanto.

Dalam telegram itu, sejumlah kapolda di sejumlah daerah dimutasi diantaranya Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Polisi Rudy Sufahriadi dipromosikan sebagai Komandan Korps Brimob menggantikan Irjen Polisi Murad Ismail yang dimutasi sebagai analisis kebijakan utama bidang Brimob Korbrimob Polri.

Sementara jabatan Kapolda Sulteng akan dijabat Brigjen Polisi I Ketut Argawa, yang sebelumnya menjabat Karoanalis Baintelkam Polri.

Brigjen Polisi I Ketut Argawa sendiri pernah bertugas di Polda Sulteng sebagai Direktur Intelkam.

Kemudian, Kadivkum Polri Irjen Raja Erizman dirotasi menjadi jabatan sebagai Kapolda Nusa Tenggara Timur, yang sebelumnya dipegang Irjen Polisi Agung Sabar Santoso. Agung kemudian mengisi pos ditinggalkan Raja Erizman.

Selain itu, ada juga tiga jenderal polisi yang mencalonkan diri menjadi gubernur yang juga kena mutasi.

Ketiga jenderal itu adalah Kapolda Kaltim Irjen Polisi Safaruddin yang dimutasi sebagai Pati Baintelkam Polri dalam rangka pensiun. Safaruddin diketahui masuk dalam bursa di Pemilihan Gubernur Kaltim.

Kemudian, Wakalemdiklat Irjen Polisi Anton Charliyan juga dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri. Anton disebut-sebut hendak mengikuti pencalonan Gubernur Jawa Barat.

Selanjutnya, Dankorbrimob Polri Irjen Polisi Murad Ismail juga dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Brimob Korbrimob Polri. Irjen Murad diusung PDIP dan NasDem sebagai calon Gubernur Maluku.

Dalam surat telegram Kapolri itu, Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto juga mendapat promosi jabatan sebagai Kabid Humas Polda Jawa Barat. CAL

Silakan komentar disini...