Gempa 5 SR Guncang Poso

185
ilustrasi-gempa-bumi_20170209_135146
ILUSTRASI

SultengTerkini.Com, POSO– Wilayah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah diguncang gempa bumi tektonik, Kamis (15/2/2018) sekira pukul 04.28.55 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Moch Riyadi mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan (magnitude) 5 skala richter (SR) terjadi dengan koordinat episenter pada 1,3 LS dan 120,54 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km arah selatan Kalora, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 17 km.

Ia mengatakan, dampak gempabumi yang didasarkan pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa wilayah yang berpotensi terjadi guncangan antara lain di Poso pada skala II SIG-BMKG atau III-IV MMI dan Donggala pada skala I SIG-BMKG atau II-III MMI.

“Hal ini sesuai dengan laporan dari masyarakat di Poso yang merasakan guncangan dengan intensitas II SIG-BMKG atau III MMI,” katanya.

Menurutnya, gempa bumi ini jika dilihat dari lokasi dan kedalamannya merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di Palolo Graben.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi dipicu oleh sesar turun (normal fault).

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini (06.35 WIB) telah terjadi 1 kali gempa bumi susulan dengan kekuatan M 4,4 SR.

Ia mengimbau kepada warga di sekitar wilayah Kabupaten Poso agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. CAL

Silakan komentar disini...