10 Negara Paling Bahagia di Dunia

155
finlandia
NEGARA Finlandia. FOTO: IST

SultengTerkini.Com, FINLANDIA– Setiap tahun organisasi antarpemerintah merilis ‘Laporan Kebahagiaan Dunia’ yang menyurvei taraf kebahagiaan di berbagai negara secara global. Laporan itu memperhitungkan pendapatan masyarakat, harapan hidup sehat, dukungan sosial, kebebasan, kepercayaan dan kemurahan hati, untuk mengukur kesehatan mental orang-orang yang tinggal di sana.

Seperti dilansir di laman Stylist, Ahad (1/4) dari data yang dikumpulkan antara 2015 dan 2017 lintas 156 negara, PBB telah menamai 10 negara paling bahagia di dunia.

Banyak negara yang ditampilkan dalam daftar 10 teratas bukanlah pendatang baru. Megara-negara Skandinavia masih mendominasi. Negara-negara di kawasan ini memang memiliki kencederungan sikap masyarakatnya yang terbuka, jam kerja yang singkat, dan tradisi musim dingin yang heboh, dengan berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa cara hidup ini menjadikan sebagian penduduk paling bahagia di dunia.

Untuk tahun ini, Finlandia, dari posisi lima, mengambil alih posisi Norwegia di puncak daftar. Diikuti oleh Denmark, Islandia, dan Swiss. Berbatasan dengan Swedia, Norwegia, dan Rusia, Finlandia terkenal dengan pemandangannya yang memukau, danau yang indah, dan pemandangan fenomena alam.

Meskipun Finlandia memiliki tingkat pajak yang tinggi, dana ini digunakan untuk mendukung program sosial dan pendidikan tinggi dan kesehatan gratis atau berbiaya rendah, yang secara positif menguntungkan masyarakat. Harapan hidup seseorang di Finlandia dianggap sangat tinggi, dengan rata-rata wanita yang hidup sampai 84 dan pria rata-rata sampai 78.

“Finlandia sangat pandai mengubah kekayaan menjadi kesejahteraan,” kata Mike Wiking dari Happiness Research Institute di Denmark seperti dikutip The Guardian.

Berikut daftar lengkap sepuluh tempat paling bahagia untuk hidup di dunia:

  1. Finlandia (5)
  2. Norwegia (1)
  3. Denmark (2)
  4. Islandia (3)
  5. Swiss (4)
  6. Belanda (6)
  7. Kanada (7)
  8. Selandia Baru (8)
  9. Swedia (10)
  10. Australia (9)

(sumber: republika.co.id)

Silakan komentar disini...