Crutchlow Juara MotoGP Argentina, Marquez Tiga Kali Penalti

96
gp
FOTO: MARCOS BRINDICCI/REUTERS

SultengTerkini.Com, TERMAS DE RIO HONDO– Cal Crutchlow tampil sebagai juara di MotoGP Argentina yang penuh drama. Salah satu lakon utamanya adalah sang juara dunia, Marc Marquez.
Balapan di sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (9/4/2018) dinihari WIB, berjalan dengan kekacauan sejak awal. Mulanya balapan direncanakan berjalan basah, tapi karena trek mengering dan hujan tak lagi turun, diputuskan berjalan dalam kondisi kering.

Akibatnya ada penundaan start, mengingat sebagian besar pebalap menggunakan ban basah. Seluruh pebalap kecuali Jack Miller yang start di pole, kembali ke pit setelah putaran pemanasan.

Penundaan itu membuat Miller akhirnya diberi keuntungan untuk start jauh di depan para pebalap lainnya. Tapi dia gagal menjaga posisi dan harus puas finis keempat, di belakang Cal Crutchlow, Johann Zarco, dan Alex Rins. Keempatnya sempat bertarung ketat sepanjang balapan.

Namun perhatian utama setelah balapan akan mengarah ke Marquez. Marquez mengalami insiden tepat sebelum start, di mana motornya mati. Saat diinstruksikan untuk masuk ke pit dan memulai dari sana, Marquez nekat menghidupkan kembali motornya dan tetap start dari grid.

Rider Repsol Honda itu dihukum penalti ride through. Dalam upayanya merangsek ke depan, Marquez lantas terlibat insiden dengan Aleix Espargaro dan Valentino Rossi. Insiden dengan Espargaro membuatnya dihukum penalti turun satu posisi saat balapan.

Namun insiden dengan Rossi-lah yang paling merugikannya. Dia dihukum penalti 30 detik. Drama beberapa musim lalu pun diperkirakan terulang kembali.

Jelang start, Marc Marquez sempat mengalami masalah di mana motornya mati. Namun dia bisa menyalakannya kembali di saat yang tepat sehingga tak perlu start dari pit.

Jack Miller diberi keuntungan jarak start menyusul penundaan yang terjadi. Miller berhasil menjaga keunggulan, dikuntit Dani Pedrosa dan Marc Marquez selepas start. Pedrosa tak lama kemudian terjatuh dalam duel dengan Johann Zarco.

Di putaran kedua, Marquez sudah memimpin diikuti Miller, Alex Rins, Zarco, Cal Crutchlow, Tito Rabat, Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, Bradley Smith, dan Andrea Iannone.

Di putaran keempat, Marquez sudah membuka jarak hingga 1,6 detik atas Miller di posisi dua. Sementara bendera putih dikibarkan steward, menandakan bahwa para pebalap bisa menukar motor. Di beberapa bagian lintasan memang masih terdapat genangan karena hujan sebelum balapan.

Pada putaran berikutnya, Marquez dinyatakan mendapatkan penalti ride through karena insiden sebelum start. Dia kembali ke lintasan di posisi 19.

Dovizioso sudah berada di posisi lima pada putaran ketujuh, Vinales di titik ini naik ke urutan delapan, disusul rekan setimnya, Rossi.

Marquez kembali terlibat insiden di putaran ke-9. Dia menyenggol Aleix Espargaro saat hendak menyalip dan keduanya hampir terjatuh. Tapi baik Marquez dan Espargaro masih bisa melanjutkan balapan. Marquez dihukum untuk turun satu posisi di putaran berikutnya.

Di putaran ke-10, duo Yamaha merangsek ke depan. Vinales naik ke posisi enam diikuti Rossi di belakangnya. Miller masih memimpin rombongan terdepan, disusul Rins, Zarco, dan Crutchlow.

Vinales dan Rossi sukses melewati Dovizioso di putaran ke-14. Vinales kini di posisi lima, Rossi keenam, Dovizioso di urutan tujuh. Sementara upaya Rins melewati Miller masih menemui kegagalan.

Marquez sudah masuk ke-10 besar saat balapan memasuki putaran ke-15. Jaraknya di titik ini 18 detik dari Miller di posisi terdepan.

Rins sukses melewati Miller di lap berikutnya, namun kemudian melakukan kesalahan dan turun ke posisi empat. Miller memimpin lagi, disusul Crutchlow dan Zarco. Sementara Marquez sudah naik ke urutan delapan.

Gantian Miller melebar di lap ke-18, sehingga dilewati Crutchlow, Zarco, dan Rins. Vinales dan Rossi di posisi 5-6, dengan Marquez datang menekan di urutan tujuh.

Di putaran ke-20, Rossi terjatuh dalam duel dengan Marquez. Rossi masuk tikungan dengan sedikit melebar, tapi berupaya kembali ke dalam. Saat itulah Marquez merangsek dan keduanya bersenggolan. Keduanya melebar ke luar lintasan dan Rossi terjatuh saat ban depannya menyentuh rumput.

Tak lama kemudian, Zarco sukses melewati Crutchlow untuk merebut posisi terdepan. Rins di posisi tiga, disusul Miller, Vinales, dan Marquez.

Dua putaran tersisa, Crutchlow merebut kembali posisi terdepan di lintasan lurus. Zarco dan Rins masih menguntit dan mengincar kesempatan.

Crutchlow mempertahankan posisinya untuk finis terdepan. Zarco dan Rins finis kedua dan ketiga. Sementara Marquez mendapatkan hukuman lainnya atas insiden dengan Rossi dan kena penalti 30 detik.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...