Ngos-ngosan Saat Bercinta Bisa Jadi Pertanda Penyakit Paru

145
cinta
GEJALA penyakit paru kerap terabaikan, termasuk mudah ngos-ngosan. FOTO: THINKSTOCK

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Jangan anggap remeh jika cepat ngos-ngosan saat bercinta. Kehilangan kontrol pernapasan saat melakukan aktivitas sehari-hari disebut merupakan gejala penyakit paru.
Sebuah penelitian di Inggris menyebut 3 dari 10 orang kesulitan bernapas saat berjalan menaiki tanggal. Sebanyak 4 dari 10 orang ngos-ngosan saat mengejar bus, sedangkan 1 dari 10 orang kehabisan napas hanya karena mengambil sesuatu di lantai.

Penelitian pada sekitar 20.000 orang ini juga mengungkap bahwa sebagian besar orang dewasa mengalami sesak napas enam kali dalam sepekan. Seperempat di antaranya ngos-ngosan saat bercinta.

“Mengkhawatirkan bahwa begitu banyak orang kehabisan napas saat melakukan aktivitas sederhana,” kata Mike McKevitt dari British Lung Foundation, dikutip dari Dailymail.

“Sesak napas saat melakukan kegiatan sehari-hari bisa menandakan gejala penyakit paru dan ini bukan sesuatu yang bisa diabaikan,” tambahnya.

Sebanyak 10.000 kasus baru penyakit paru ditemukan di Inggris tiap pekan. Penyakit yang membuat seseorang susah bernapas ini diklaim membunuh satu pasien tiap lima menit.

(sumber: detik.com)

 

Silakan komentar disini...