Hindari Penyalahgunaan Anggaran, Kades di Morut Teken Pakta Integritas

89
IMG_20180427_145721
BUPATI Morowali Utara Aptripel Tumimomor melantik Kepala Desa Keuno Bartonius Marawo di Desa Tompira, Jumat (27/4/2018). FOTO: JORS

SultengTerkini.Com, TOMPIRA– Demi menghindari terjerumusnya para kepala desa (kades) dalam penyalahgunaan anggaran, Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor, Sulawesi Tengah melakukan penandatanganan Pakta Integritas sebagai pedoman para kades dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Para Kades dituntut bertindak benar setelah terpilih menjadi kepala pemerintahan desa, mereka harus mementingkan kepentingan masyarakat dalam mengelola keuangan desa terlebih berlaku jujur dan adil.

“Janganlah memilih-milih masyarakat saat menyalurkan Dana Desa maupun ADD,” ujar Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor saat melantik empat orang Kades Kecamatan Petasia Timur di Desa Tompira, Jumat (27/4/2018).

Bupati juga mengingatkan para kades untuk menyelenggarakan anggaran desa sejujur-jujurnya, menjauhi tindakan penyalahgunaan wewenang demi menghindari jeratan hukum yang siap menanti, apabila lalai dan terlibat dalam tindakan korupsi.

Dalam tujuh poin pakta integritas para kades diminta antara lain berperan secara proaktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercelah, bersikap transparan, jujur, objektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas.

Memberi contoh kepada kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan akan menyampaikan informasi penyimpangan intregritas serta turut menjaga kerahasiaan atas pelanggaran peraturan yang dilaporkan. Bila melanggar hal hal tersebut di atas, kades siap menghadapi konsekuensinya.

Sekadar diketahui Bupati Morowali Utara melantik sejumlah kades hasil Pilkades Serentak tahun 2018 akhir pekan kemarin diantaranya, Kades Tompira Asgar M, kades Bungintimbe Kisran, Kepala Desa Molino, Muhktar, Kades Keuno Bartonius, serta yang dilantik pada Sabtu kemarin Kades Tanauge, Arman. JRS

Silakan komentar disini...