Pemerintah Didesak Atasi Abrasi Pantai di Banawa Tengah

131
WhatsApp Image 2018-07-23 at 20.49.21
FORUM pertemuan reses di Desa Towale, Donggala, Senin (23/7/2018). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, DONGGALA– Anggota DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng), Muhammad Masykur mendesak pemerintah pusat agar segera merealisasikan program penanggulangan abrasi pantai di Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala.

Sebab menurutnya, ratusan rumah berpotensi terancam dihantam obak besar. Jika ombak besar datang, maka ratusan rumah warga di Desa Towale dan Limoro akan rata tanah.

Desakan itu disampaikan Masykur menyahuti aspirasi yang disampaikan warga dalam forum pertemuan reses di Desa Towale, Donggala, Senin (23/7/2018).

“Pemerintah pusat melalui kementerian terkait kita minta untuk segera merespon kondisi yang terjadi di Kecamatan Banawa Tengah. Melalui pemerintah daerah kita berharap bertindak cepat agar saluran  masalah ini langsung ke pemerintah pusat,” ujar Masykur.

Apalagi katanya, permasalahan ini sudah pernah ditinjau oleh tim dari kementerian, sehingga prosesnya tidak dimulai dari nol lagi karena paling tidak data dasar sudah dimiliki oleh kementerian terkait.

Ratusan warga yang menghadiri pertemuan reses mengharapkan kepada pemerintah untuk segera mengatasi persoalan abrasi pantai di desanya.

Aminudin selaku tokoh masyarakat Kecamatan Banawa Tengah menyampaikan permasalahan abrasi pantai sebagai masalah utama di Desa Towale dan Limoro.

80 persen warga menggantungkan mata pencaharian dari hasil laut dan hidup di sepanjang pesisir pantai.

Aminudin menjelaskan, saat ini warga seringkali diliputi kecemasan. Jika musim ombak tiba, maka semua pada berjaga-jaga, jauh berbeda dengan situasi sebelumnya.  Sekarang ini kalau datang musim ombak ganas dan tinggi menghantam dan menyapu rumah warga, seperti kejadian tahun lalu.

Beberapa rumah warga habis disapu ombak, ceritanya.

Ia menyebutkan, sebanyak 400 lebih rumah warga terdapat di sepanjang pesisir pantai Desa Towale, belum termasuk di Desa Limoro.

“Sehingga melalui reses Anggota DPRD Sulteng ini kami berharap aspirasi yang disampaikan dapat diteruskan dan ditindaklanjuti oleh pemerintah melalui program penanggulangan abrasi pantai,” harap Aminudin. CAL

Silakan komentar disini...