Hari Ini 44 Desa di Tolitoli Gelar Pilkades Serentak, Desa Apa Saja?

532
WhatsApp Image 2018-07-29 at 18.09.53
SEBANYAK 44 desa dari 103 desa yang ada di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah akan menggelar pemilihan kepala desa secara serentak pada Senin (30/7/2018) hari ini. FOTO: IST

SultengTerkini.Com, TOLITOLI– Sebanyak 44 desa dari 103 desa yang ada di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak pada Senin (30/7/2018) hari ini.

Informasi yang dihimpun SultengTerkini.Com menyebutkan, 44 desa yang menggelar pilkades serentak Senin hari ini berada di sembilan kecamatan yakni di Kecamatan Dampal Selatan terdapat Desa Combo, Desa Bangkir, Desa Abbajareng, Desa Lempe, Desa Simuntu dan Lembah Harapan.

Untuk Kecamatan Dampal Utara terdiri dari Desa Ogotua, Desa Tompoh, Desa Bambapula, Desa Malambigu, Desa Simatang Utara dan Stadong.

Di Kecamatan Dondo yakni Desa Luok Manipi, Salumbia, Ogowele, Lais, Tinabogan, Lobuo, serta Ogowele Buga.

Sementara Kecamatan Basidondo ada Desa Basi, Labonu, Galandau, disusul Kecamatan Lampasio diantaranya Desa Janja, Lampasio, Tinading Maibua, serta Ogomatanang.

Berikutnya di Kecamatan Ogodeide ada Desa Batuilo, Muara Besar, Bilo, serta Sambujan. Sementara untuk Kecamatan Baolan Desa Dadakitan, Buntuna, serta Lelean Nono.

Selanjutnya di Kecamatan Galang ada tiga desa yakni Desa Lantapan, Desa Tinigi dan Desa Sabang. Di Kecamatan Tolitoli Utara sebanyak tujuh desa yakni Desa Santigi, Teluk Jaya, Laulalang, Salumpaga, Binontoan, Timbolo dan Desa Lakuan.

Untuk mengantisipasi terjadinya politik uang (money politic) dalam pilkades serentak itu, Polres Tolitoli akan mengawasi dan akan menindak tegas oknum calon kepala desa yang coba melakukan kecurangan.

Kapolres Tolitoli AKBP Muhammad Iqbal Alqudusy mengatakan, pihaknya tidak akan segan-segan menindak tegas oknum calon kepala desa yang kedapatan melakukan kecurangan dengan cara yang tidak baik, salah satunya dengan menggunakan politik uang untuk memenangkan dirinya agar dipilih masyarakat.

“Kami siap menerima laporan dan pengaduan masyarakat jika ditemukan adanya politik uang dan tentunya akan berkoordinasi dengan pengawas pemilihan di setiap desa yang menggelar pilkades serentak,” Kapolres Iqbal saat dihubungi SultengTerkini.Com melalui WhatsApp, Ahad (29/7/2018).

Masih menurut Iqbal, untuk pengamanan dari polisi dalam pilkades serentak di 44 desa di wilayahnya tetap melibatkan Bhabinkamtibmas yang juga akan dibantu oleh personil dari polsek dan Polres Tolitoli.

Upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadinya kerawanan antar pendukung calon kepala desa.

Menjelang pelaksanaan pilkades serentak di 44 desa baik itu kesiapan surat suara dan pelipatannya sudah rampung dan saat ini dititip di polsek-polsek untuk keamanan sesuai kesepakatan dengan panitia pikades.

Selain itu, tempat pemungutan suara rampung di 44 desa, kesiapan administrasi berupa panggilan untuk wajib pilih sudah diedarkan dan persiapan format berita acara pun telah dipersiapkan oleh panitia.

Ia berpesan kepada calon kepala desa yang bertarung dalam pilkades untuk siap menang dan siap kalah serta mematuhi butir kesepakatan pilkades damai, sehingga situasi Tolitoli yang kondusif dapat berjalan dengan baik. SBR

Silakan komentar disini...