Mantan Kapolda Sulteng Dilantik Jadi Wakapolri, Idham Azis Tak Hadir

396
komjen-ari-dono-dilantik-jadi-wakapolri-M3yvpEyKIQ
PELANTIKAN Komjen Ari Dono. FOTO: PUTERANEGARA BATUBARA/OKEZONE

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Komisaris Jenderal (Komjen) Ari Dono Sukmanto resmi menjabat sebagai Wakil Kepala Polri (Wakapolri) menggantikan Komjen (Purn) Syafruddin yang kini telah menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpar-RB).

Pelantikan dipimpin Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (17/8/2018). Ari Dono sebelumnya menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

Posisi Kabareskrim saat ini digantikan Irjen Arief Sulistyanto, yang sebelumnya menjabat Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM).

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto sebelumya menyatakan, pengangkatan Komjen Ari Dono sebagai Wakapolri sudah berdasarkan beberapa pertimbangan dan konsultasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang kemudian dipertimbangkan oleh Wanjakti.

“Itu dari Wanjakti, Pak Kapolri menentukan setelah ada masukan dari Wanjakt, tentu dengan berbagai pertimbangan yang terbaik,” pungkasnya.

Sebelumnya sempat beredar kabar posisi Wakapolri akan diisi Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis. Bahkan, Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan dirinya sudah mendapatkan informasi jika “Kapolri sudah mengajukan nama Idham.”

Tapi, ternyata Ari Dono yang dipercaya mengisi jabatan tersebut.

IDHAM AZIS TAK HADIR

Komjen Ari Dono Sukmanto resmi menjabat Wakapolri setelah dilantik oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Namun, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis tak hadir dalam upacara pelantikan yang berlangsung di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Ari Dono menjadi orang nomor dua di Korps Bhayangkara mengganikan Komjen (Purn) Syafruddin yang diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpar-RB). Setelah kursi Wakapolri kosong, beredar kabar Idham Azis yang akan mengisinya.

Pantauan Okezone di Rupatama, Jumat (17/8/2018) siang, sejumlah perwira tinggi (Pati) Polri mulai dari jenderal bintang satu hingga tiga menghadiri proses pelantikan Wakapolri.

Namun, Irjen Idham Azis tak terlihat. Dia dikabarkan bertandang ke agenda lain. Idham diwakili oleh Wakapolda Metro Jaya Brigjen Purwadi Arianto yang tampak hadir.

Setelah ditinggalkan Syafruddin, pengisi kursi Wakapolri memang sempat menimbulkan teka-teki. Nama Idham Azis disebut-sebut jadi calon kuat, sebelum akhirnya ditunjuk Ari Dono. Mabes Polri menyatakan Ari Dono dipilih setelah melewati proses Wanjakti.

(sumber: okezone.com)

Silakan komentar disini...