Gubernur Sulteng Resmikan Kantor UPT-KPH Balantak di Luwuk

390
WhatsApp Image 2018-09-28 at 11.25.02
GUBERNUR Sulawesi Tengah Longki Djanggola menandatangani prasasti pada peresmian kantor Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan Balantak di Luwuk, Kabupaten Banggai, Jumat (28/9/2018). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, LUWUK– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola meresmikan kantor Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan (UPT-KPH) Balantak di Luwuk, Kabupaten Banggai, Jumat (28/9/2018).

Peresmian kantor itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Longki.

Pada kesempatan itu, Gubernur Longki didampingi Bupati Banggai Herwin Yatim dan Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo, Kapolres Banggai AKBP Moch Sholeh, sejumlah kepala dinas, dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah Banggai.

Sebelum peresmian, Gubernur, Bupati Banggai dan Wakil Bupati Banggai menerima selendang kebanggaan khas Nambo.

Kepala KPH Balantak Patrich Prederich Posuma menyampaikan laporan bahwa UPT KPH Balantak sebelumnya berada pada Dinas Kehutanan Kabupaten Banggai dan setelah berlakunya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Otonomi Daerah.

Sehingga katanya, UPT KPH Balantak dialihkan pengelolaannya pada Provinsi Sulteng di bawah Dinas Kehutanan.

Setelah tahun kedua pengelolaan UPT KPH Balantak berada di bawah kewenangan provinsi telah mendapat perhatian yang begitu besar, sehingga kantor UPT KPH Balantak ini sudah dapat dibangun permanen dan megah untuk kantor pelayanan masyarakat.

Pada kesempatan itu Bupati Banggai Herwin Yatim menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Longki Djanggola yang sudah membangun kantor yang megah untuk pelayanan UPT KPH Balantak.

Sebelumnya kata Herwin, pihaknya mau bermohon agar tanah lokasi itu bisa diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Banggai untuk pembangunan fasilitas perkantoran.

Tetapi katanya sudah dimanfaatkan provinsi dengan baik. Hal ini merupakan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Banggai dalam menyukseskan Kabupaten Banggai mendapat Piala Adipura kembali.

Bupati Herwin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur atas penunjukan Kabupaten Banggai menjadi tempat start etape I dan tempat open seremoni Tour de Central Celebes (TdCC) tahun 2018 yang akan diikuti 20 negara.

“Semoga kegiatan TcCC tahun 2018 dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat terwujud apa yang menjadi cita-cita dan harapan gubernur dalam promosi destinasi pariwisata Sulawesi Tengah, peningkatan kualitas infrastruktur jalan dan menyampaikan pesan kepada dunia bahwa Sulteng aman dan damai,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Longki Djanggola dalam sambutannya menyampaikan syukur kehadirat Allah SWT.

“Hari ini kita sudah dapat meresmikan kantor UPT-KPH Balantak yang merupakan salah satu dari 13 UPT yang dibentuk oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah,” katanya.

Selanjutnya gubernur menyampaikan bahwa kedepan seluruh UPT yang ada di Kabupaten Banggai akan dibangun permanen untuk mendukung program penataan dan kebersihan Luwuk yang disebut Pinasa, sehingga Kabupaten Banggai dapat kembali meraih Adipura.

Dalam kesempatan itu, gubernur menerima sertifikat tanah lokasi kantor UPT KPH Balantak dari Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Banggai.

Selain itu, Gubernur Longki juga melakukan penanaman pohon secara simbolis bersama bupati dan wakil bupati Banggai di depan kantor UPT KPH Balantak. */CAL

Silakan komentar disini...