Komunitas TDA Beri Bantuan Modal Lunak ke Korban Gempa Sulteng

208
WhatsApp Image 2018-11-05 at 21.00.11
KOMUNITAS Tangan Di Atas Nasional memberikan bantuan modal lunak kepada para korban gempa di Sulawesi Tengah dalam pertemuan Kick off Pesta Wirausaha Palu Bangkit, Senin (5/11/2018). FOTO: HAFSA

SultengTerkini.Com, PALU– Pihak Komunitas Tangan Di Atas (TDA) menggelontorkan bantuan modal lunak kepada sejumlah pengusaha kecil dan menengah di wilayah Kota Palu, terutama anggota komunitas terdampak gempa bumi, likuefaksi dan tsunami pada 28 September 2018 lalu.

Presiden TDA 5.1, Bimo Prasetio mengatakan, modal lunak ini diberikan tanpa agunan dan bunga, sehingga masa pengembaliannya pun hanya sampai 6 bulan lamanya.

Pasalnya dana ini nantinya untuk kegiatan Pesta Wirausaha TDA Palu selama tiga bulan kedepan dimulai sekitar 17-18 November 2018.

Bimo Prasetio mengatakan, Pesta Wirausaha ini dilaksanakan selama tiga bulan pada pekan ketiga setiap bulan berjalan.

Untuk itu dana yang diberikan diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penerima.

“Kalau ekonomi bergerak, “maka Palu Bangkit” maka memberikan dampak di perekonomian masyarakat dengan banyaknya tenaga kerja yang terekrut, serta kebutuhan warga di Palu terpenuhi,” ujar Bimo, Senin (5/11/2018).

Palu Bangkit bukan hanya sekadar tagline. Ia mengatakan, banyak bisnis yang lahir dalam kondisi seperti ini (pascabencana), pengusaha yang sukses adalah pengusuha yang dapat bertahan dalam kondisi sesulit apapun dan mampu menghadapinya.

Sementara itu, Ketua TDA Perempuan Nasional, Roesita Tanti menambahkan, dana lunak ini diberikan berdasarkan proposal pengajuan yang sudah masuk.

Bagi yang sudah mendapatkan dananya, namun tidak membutuhkan, dapat mengembalikan dananya untuk kegiatan Pesta Wirausaha TDA Palu.

“Untuk besarannya berbeda-beda, berkisar Rp 10 hingga Rp 15 juta dalam jangka waktunya sampai kepengurusan TDA 5.1 berakhir, sehingga hanya sampai 6 bulan, karena dana ini akan dipertanggungjawabkan,” papar Roesita.

Hal senada juga dikemukakan Ketua TDA Peduli Nasional, Afia Mumun yang didampingi Direktur Edukasi dan Pengembangan Kapasitas, Danton Prabawanto.

Dimana sejak awal pascagempa di Palu dirinya sudah memantau dana sumbangan yang masuk ke rekening TDA nasional, sehingga dapat dipergunakan untuk TDA beli yang merupakan produk teman TDA Palu kemudian dibagikan kepada para korban di tenda pengungsi. SAH

Silakan komentar disini...