Banjir Bandang Terjang Desa Bangga, Ratusan Rumah Terendam

779
WhatsApp Image 2018-11-17 at 05.59.30
BANJIR bandang menerjang Dusun I dan Dusun II Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (16/11/2018) malam sekira pukul 19.30 Wita. FOTO: IST

SultengTerkini.Com, SIGI– Banjir bandang menerjang Dusun I dan Dusun II Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (16/11/2018) malam sekira pukul 19.30 Wita.

Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri, Sabtu (17/11/2018) mengatakan, banjir tersebut disebabkan oleh curah hujan tinggi mengakibatkan debit air Sungai Ore yang melintasi Desa Bangga meluap dan membawa material pasir bercampur lumpur dan batang pohon.

Atas kejadian itu, sejumlah personel Subsektor Dolo Selatan dipimpin oleh Kasubsektor dan aparat Desa Bangga koordinasi dengan pihak terkait untuk fokus evakusi warga yang terdampak banjir.

Akibat banjir tersebut pemukiman warga Dusun I dan Dusun II dengan jumlah 154 kepala keluarga terendam air.

“Tujuh unit rumah di Dusun I Desa Bangga rusak, satu unit ekskavator milik Balai Sungai Sulawesi III tertimbun material banjir,” kata Kapolres Wawan.

Selain itu banjir itu juga mengakibatkan sekitar 70 hektare persawahan dan perkebunan terendam banjir, saluran primer bendungan irigasi tertimbun material banjir, serta jembatan tidak berfungsi atau tersumbat.

“Untuk korban jiwa nihil,” kata orang pertama di Polres Sigi itu.

Sekira pukul 23.30 Wita Bupati Sigi Irwan Lapata dan pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sigi meninjau lokasi kejadian.

Pemerintah mengarahkan  warga untuk segera menjauhi dan meninggalkan rumah yang tergenang banjir dan untuk sementara ditampung di lokasi yang aman.

Banjir diperkirakan masih terus berlangsung mengingat kondisi cuaca di Dolo Selatan, khususnya di Desa Bangga masih hujan. CAL

Silakan komentar disini...
loading...