YKMI Salurkan Bantuan UNHCR untuk Korban Gempa Sulteng

234
2
YAYASAN Kemanusiaan Muslim Indonesia bekerjasama dengan Badan Pengungsi PBB, UNHCR mendistribusikan kebutuhan hunian untuk para penyintas gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. FOTO: IST

SultengTerkini.Com, PALU– Yayasan Kemanusiaan Muslim Indonesia (YKMI) bekerjasama dengan Badan Pengungsi PBB, UNHCR mendistribusikan kebutuhan hunian untuk para penyintas gempa, likuefaksi, dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Item utama yang didistribusikan ialah terpal, lampu pijar tenaga matahari, kelambu, matras tidur dan tenda.

“Di Desa Mamboro, Palu Utara kami telah membagikan sebanyak 66 tenda keluarga, 126 kelambu, 235 matras tidur, 132 solar lampu, dan terpal sebanyak 200 buah. Jumlah penerima manfaat ada sekitar 266 orang,” ujar Penanggung Jawab Program Distribusi YKMI, Teuku Zulkifli kepada SultengTerkini.Com, Kamis (29/11/2018).

Menurut Zulkifli, YKMI akan mendistribusikan item tersebut di tiga kabupaten terdampak yakni Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Sigi.

“Kriteria penerima manfaat yang menerima bantuan ini ialah mereka yang rumahnya rusak berat dan sedang. Lalu juga mereka yang belum mendapatkan tenda baik dari pemerintah atau LSM,” kata Zulkifli.

Rencananya pendistribusian ini dilakukan secara berkala mulai dari pertengahan November hingga akhir Desember 2018.

“Berdasarkan data yang sudah kami dapatkan  ada sebanyak 17 desa di tiga kabupaten di Sulawesi Tengah yang akan kita datangi untuk memberikan bantuan ini,” tuturnya.

Sebelumnya, YKMI bekerjasama dengan UNHCR juga telah mendirikan sebanyak  705 tenda keluarga yang kini telah dihuni 2.820 orang.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Sulawesi Tengah pada Jumat, 28 September 2018, disusul tsunami dan likuefaksi di Balaroa, Petobo dan Jono Oge.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana memperkirakan sekitar 68.000 rumah telah rusak akibat gempa, likuefaksi, dan tsunami.

Sementara sekitar 80.000 orang telah menjadi pengungsi internal sebagai akibatnya. CAL

Silakan komentar disini...
loading...