Korsel Gelar Jaringan 5G Komersial Pertama di Dunia

69
korea
Ilustrasi 5G. (Foto: Miguel Benitez/Getty Images)

SultengTerkini.Com, KORSEL– Media di Korea Selatan (Korsel) memberitakan bahwa negaranya akan menjadi yang pertama menggelar jaringan 5G secara komersial di dunia.
Dikutip detikINET dari Korea Times, operator besar di negara itu yakni SK Telecom, KT dan LG Uplus meluncurkan jaringan super kencang itu pada 1 Desember waktu setempat.

Layanan 5G dimulai di ibukota Seoul sebelum ke wilayah lain. Untuk saat ini, penggunaannya masih terbatas di segmen enterprise karena belum ada smartphone yang mendukung 5G.

Sebenarnya di Amerika Serikat, operator Verizon telah meluncurkan layanan 5G di 4 kota termasuk Los Angeles. Akan tetapi, hardware Verizon untuk jaringan 5G itu tak sesuai dengan standar yang diterapkan 3GPP selaku badan standardisasi.

SK Telecom menyatakan pelanggan 5G pertama mereka adalah Myunghwa, sebuah perusahaan komponen mobil. Myunghwa memanfaatkan mesin 5G dengan kecerdasan buatan untuk meneliti kualitas produknya.

Caranya adalah dengan mengirim foto kualitas tinggi ke server cloud yang akan memakai Artificial Intelligence untuk melakukan uji kualitas.

Di pihak lain, LG Uplus telah membangun BTS 5G di berbagai kota. Ditargetkan sudah ada 7.000 unit BTS 5G pada akhir Desember ini.

Tahun depan, jaringan 5G bakal makin menggeliat karena smartphone yang mendukungnya akan dipasarkan. Samsung, Huawei sampai Xiaomi saat ini kabarnya tengah mempersiapkannya.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...