Detik-detik MU Pecat Jose Mourinho

266
josee
REKOR buruk Jose Mourino bersama Manchester United. (Laurence Griffiths/Getty Images)

SultengTerkini.Com, MANCHESTER– Manchester United resmi memecat Jose Mourinho pada Selasa (18/12/2018) pagi waktu setempat. Keputusan itu diketahui Mourinho sebelum menggelar latihan.

Mourinho menuju tempat latihan MU dengan menumpang mobil Jaguar XJ berkelir hitam dengan sopirnya. Manajer asal Portugal itu tidak tampak gelisah, alias tenang ketika memasuki kompleks latihan MU Carrington.

Laporan Mirror menyebut, pada pukul 09.02, Mourinho melapor untuk melakukan latihan rutin bersama timnya seperti biasa. Namun, hanya 40 menit berikutnya pada pukul 09.45, Mourinho diberhentikan sebagai manajer MU.

Sebuah pernyataan resmi kemudian diluncurkan di situs resmi MU. Namun, menurut seorang sumber, keputusan untuk memecat Mourinho telah diputuskan sejak semalam sebelumnya (17/12). Menyusul pembicaraan lewat sambungan telepon antara pemilik klub Joel Glazer dan direktur klub Ed Woodward.

Untuk sementara, peran Mourinho akan digantikan oleh seorang caretaker, yang belum disebutkan. Namun, MichaelĀ  Carrick, yang kini menjadi assisten manajer kemungkinan besar akan ditugaskan memimpin Pogba cs sampai akhir musim.

Mourinho dipecat kurang dari dua hari setelah MU digulung Liverpool 1-3 di Anfield, Ahad (16/12). Kekalahan itu membuat MU berjarak 19 poin dari pemuncak klasemen sementara, torehan angka terburuk dalam 17 pertandingan di satu musim Premier League.

Selain itu, Mourinho dianggap tidak dapat mengembangkan potensi pemain serta taktik yang membosankan. Ruang ganti MU pun panas karena hubungan tak harmonis antara Mourinho dengan beberapa pemain, termasuk yang paling menyedot perhatian dengan Paul Pogba.

Kendati demikian, Mourinho tetap meninggalkan jejak kesuksesan di Old Trafford. Di musim pertamanya membesut MU, Mourinho mempersembahkan trofi Piala Liga Inggris dan Liga Europa 2016/2017.

STATISTIK BURUK

Jose Mourinho akhirnya dipecat Manchester United. Sejauh musim ini berjalan, statistik The Red Devils memang jauh dari mengesankan.

Jose Mourinho diberhentikan sebagai manajer Manchester United tak sampai 48 jam setelah kalah 1-3 atas Liverpool di Premier League. Hasil laga tersebut membuat MU makin jauh dari perebutan gelar juara, pun dari upaya mendekati zona Liga Champions.

MU di bawah Mourinho musim ini menemui banyak masalah. Mulai dari hubungan dengan pemain, sampai performa di atas lapangan yang sama sekali tidak memuaskan.

Berikut rekor-rekor buruk MU, yang berujung keluarnya surat pemecatan untuk Mourinho:

– MU cuma mengumpulkan 26 poin dari 17 pertandingan pertama Premier League. Tak pernah sebelumnya di era Premier League MU dapat poin seminim ini. Kali terakhir MU mengumpulkan 26 poin dari 17 laga adalah di 1990-91, di mana ketika itu mereka juga meraih 26 poin.

– Sejak Jose Mourinho datang ke Old Trafford, MU meraih 176 kemenangan di Premier League. Dalam periode yang sama mereka kalah dari Manchester City (222 kemenangan), Tottenham Hotspur (202 kemenangan), Chelsea (200), dan Liverpool (196).

– Sejak Jose Mourinho melatih, MU mencetak 151 gol dalam 83 pertandingan Liga Inggris. Jumlah tersebut kalah jauh dari Manchester City (234 gol).

– Di Premier League, Manchester United bersama Jose Mourinho rata-rata membuat 1,62 gol per pertandingan. Angka ini lebih rendah dibanding saat MU dilatih David Moyes (1,65 gol per pertandingan).

– Di Premier League musim ini cuma Fulham, Burnley, dan Southampton yang kebobolan gol lebih banyak dibanding Manchester United (29). Bahkan Huddersfield Town, yang duduk di posisi 19, ‘cuma’ kebobolan 28 kali.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...
loading...