Hadiri Rakornas BNPB di Surabaya, Kepala BPBD Palu Dialog dengan Presiden Jokowi

105
WhatsApp Image 2019-02-02 at 16.32.44
KEPALA Pelaksana BPBD Kota Palu, Presley Tampubolon berdialog dengan Presiden Joko Widodo saat menghadiri Rakornas BNPB di Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/2/2019). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, Presley Tampubolon menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/2/2019).

Rakornas yang diselenggarakan dua hari mulai 2 hingga 3 Februari 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan keterpaduan penyelenggaraan penanganan bencana nasional.

Rakornas yang bertema “Kita Jaga Alam Kita” itu dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dalam kesempatan tersebut, Presley Tampubolon menjadi salah satu peserta rakor yang beruntung.

Sebab dari seluruh undangan BPBD provinsi dan kabupaten/kota yang hadir, Presley menjadi salah seorang mendapat kesempatan untuk berdialog secara langsung dengan  Presiden ke 7 Republik Indonesia tersebut.

Dalam dialog itu, Presiden Jokowi bertanya kepada Presley tentang apa yang paling sulit saat hari pertama gempa magnitudo 7,4 28 September 2018 lalu di Kota Palu?.

Presley menjawab hal yang paling sulit adalah menertibkan para pengungsi di tenda-tenda.

Namun jawaban Presley belum memuaskan Jokowi hingga presiden kembali bertanya hal yang paling sulit pada hari pertama bencana terjadi.

“Yang paling sulit adalah koordinasinya pak,” kata Presley yang kemudian akhirnya dibenarkan oleh Presiden Jokowi.

Jokowi mengatakan, hal yang paling sulit pada hari pertama, kedua dan ketiga saat gempa atau bencana terjadi adalah bagaimana mengkonsolidasikan dan mengkoordinasikan antar lembaga terkait untuk penanganan para korban. CAL

Silakan komentar disini...