Ringankan Beban Warga Terdampak Gempa, Polda Sulteng Gelar Baksos Kesehatan Gratis di Donggala

100
photo6275780181574658205
DIREKTUR Pembinaan Masyarakat Polda Sulawesi Tengah AKBP Mohamad Ngajib didampingi Kabid Dokkes AKBP dr Is Sarifin SpB dan Kapolres Donggala AKBP Stanislaus Ferdinand Suwarji menyaksikan khitanan massal di aula mapolres setempat, Selasa (12/2/2019). FOTO: ICHAL

SultengTerkini.Com, DONGGALA– Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Bidang Kedokteran Kesehatan (Biddokkes) yang masuk dalam Satuan Tugas (Satgas) Nusantara bekerja sama dengan Polres Donggala menggelar baksos (baksos) kesehatan di mapolres setempat di Kelurahan Banawa, Selasa (12/2/2019).

Kepala Biddokkes Polda Sulteng AKBP dr Is Sarifin SpB saat ditemui SultengTerkini.Com di Donggala mengatakan, baksos kesehatan yang dilaksanakan itu meliputi khitanan massal, pengobatan umum, pemeriksaan telinga, hidung, tenggorokan, gigi dan pelayanan keluarga berencana.

“Semua pelayanan kesehatan ini dilaksanakan secara gratis,” katanya.

Ratusan warga yang sebagian besar adalah korban terdampak gempa dan tsunami tampak antusias menghadiri kegiatan baksos kesehatan itu.

“Jumlah peserta pelayanan kesehatan gratis ini berkisar 750 orang,” katanya.

Ia mengatakan, selain dokter-dokter ahlinya dan staf kesehatan dari Rumah Sakit Bhayangkara Palu, kegiatan baksos kesehatan itu juga melibatkan pihak puskesmas, BKKBN, dan Pemerintah Kabupaten Donggala.

Is Sarifin menuturkan, kegiatan sosial itu bertujuan membantu meringankan beban warga di Donggala yang terdampak gempa dan tsunami pada 28 September 2018 lalu.

Selain pelayanan kesehatan gratis, khusus ratusan anak yang mengikuti khitanan massal itu juga mendapatkan bingkisan menarik dari Kapolda Sulteng Brigjen Polisi Lukman Wahyu Hariyanto.

Tak hanya itu, ratusan warga lainnya juga mendapatkan bingkisan bahan kebutuhan pokok dari Polda Sulteng dan Polres Donggala.

“Ini kegiatan pertama di tahun 2019. Insha Allah pelayanan kesehatan gratis semacam ini akan kembali kita laksanakan di Kabupaten Sigi pada tanggal 26 Februari, dengan tambahan kegiatan trauma healing bagi warga terdampak gempa,” tutur orang pertama di Dokkes Polda Sulteng itu.

Sementara itu, Kapolda Sulteng dalam sambutannya yang dibacakan Direktur Pembinaan Masyarakat AKBP Mohamad Ngajib mengatakan, maksud diadakan kegiatan baksos kesehatan gratis ini guna memeriksa kondisi kesehatan warga Donggala, sehingga terjaga kesehatannya dan bisa berperan aktif dalam mendukung Satgas Nusantara demi suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019.

Ngajib menuturkan, tujuan utama kegiatan baksos kesehatan ini adalah untuk membantu meringankan kesulitan warga di bidang kesehatan dengan sasaran meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya di Donggala.

Bersama Kabid Dokkes, baksos kesehatan itu juga dihadiri Direktur Pembinaan Masyarakat AKBP Mohamad Ngajib, Wakil Bupati Donggala Muhammad Yasin, Kapolres Donggala AKBP Stanislaus Ferdinand Suwarji, Kepala RS Bhayangkara Palu AKBP dr I Made Wijaya SpD, Kepala SPN Labuan Panimba AKBP Novia Jaya, pengurus Bhayangkari Daerah Sulteng, Ketua dan Pengurus Bhayangkari Cabang Donggala. CAL

Silakan komentar disini...