Tujuh Hewan Berbahaya yang Muncul di Pesawat Lion Air Selain Kalajengking

235
6ee82f4b-1157-45c9-8bbe-9198ed3f3064_169
Foto: Kalajengking di pesawat Lion Air (Istimewa)

SultengTerkini.Com, JAKARTA- Pesawat tak selalu bebas dari gangguan binatang. Sejumlah binatang berbahaya pernah muncul di dalam pesawat dan bikin kaget penumpang.
Lagi asyik duduk di pesawat, pastinya tidak nyaman kalau tiba-tiba ada hewan mengerikan atau bahkan menjijikkan muncul. Terlebih kalau pesawat tengah mengudara dan traveler tak bisa leluasa kabur.

Pesawat pun tak jarang harus mendarat darurat jika ada kemunculan hewan yang mengganggu. Dirangkum detikTravel, Jumat (15/2/2019), berikut ini 7 hewan yang pernah muncul di pesawat:

  1. Kelelawar

    Kejadian yang satu ini bikin heran penumpang pesawat Delta dari Wisconsin menuju Delaware di AS, pada 2011 lalu. Saat penumpang lagi asyik duduk di pesawat, ada seekor kelelawar terbang berulang kali di dalam kabin.

    Hal ini tentu mengganggu penerbangan. Para penumpang pesawat akhirnya menangkap kelelawar dan menguncinya di dalam kamar mandi.

    2. Kutu kasur

    Februari 2011, penumpang British Airways mengaku digigit kutu kasur yang ada di dalam pesawat dan mengakibatkan iritasi. Parahnya, kejadian ini bukanlah yang kali pertama ia alami saat menumpang pesawat British Airways, tapi sudah dua kali. Penumpang itu pun melaporkan British Airways karena dianggap tidak becus membersihkan kabin.

    3. Kecoa

    Munculnya kecoa tentunya menjadi hal yang tidak diinginkan di pesawat. Namun kecoa sungguhan pernah muncul di kabin pesawat AirTan tujuan Charlotte-Houston, AS pada November 2011 lalu.

    Pasangan traveler yang melihat hewan dengan bau tak sedap itu melaporkannya ke awak kabin. Menurut pengakuannya, si kecoa muncul tiba-tiba dan merangkak keluar perlahan dari kabin penyimpanan barang di dalam pesawat.

    4. Belatung

    Belatung biasanya terlihat di sekitaran bangkai atau sampah yang membusuk. Tentunya bakalan seperti mimpi buruk jika menemukan belatung pada makanan. Hal ini pernah sungguhan terjadi pada Maret 2012.

    Seorang traveler wanita mengaku menemukan belatung pada makanan yang diberikan maskapai Qantas. Saat itu ia tengah berada di pesawat dari Los Angeles menuju Melbourne. Pihak Qantas segera meminta maaf dan menawarkan uang ganti rugi dengan mengembalikan setengah harga tiket pesawat.

    5. Lebah

    Masih di tahun 2012, sebuah pesawat Delta tak jadi terbang dari Pittsburgh ke Bandara Internasional John F Kennedy New York gara-gara lebah. Ketika itu pesawat sebenarnya sudah akan lepas landas, tapi secara tiba-tiba ribuan lebah datang dan berkumpul di bagian sayap pesawat.

    Penerbangan pun ditunda 20 menit untuk mengusir seluruh lebah dari sayap pesawat. Kemudian, barulah penerbangan dilanjutkan.

    6. Ular

    Ada banyak kejadian ular yang muncul di dalam pesawat. Salah satunya di tahun 2013, penerbangan Qantas QF21 dari Sydney ke Tokyo terpaksa delay karena ditemukan ular di dalam pesawat. Panjangnya 20 cm dan ditemukan sedang bergulung di pintu pesawat.

    Sesuai prosedur keselamatan penerbangan, semua penumpang harus dievakuasi dan seluruh isi kapal diperiksa. Siapa tahu ada ular lagi di bagian lain pesawat.

    Kemudian tahun 2016, ular di pesawat kembali terjadi. Ular berwarna kehijauan yang cukup besar muncul di pesawat Aeromexico dengan nomor penerbangan 231, tepatnya dari langit-langit salah satu bagasi penumpang.

    Pilot pun segera bersiap mendarat darurat, sementara para penumpang berhasil menangkap ular dengan selimut dan majalah yang ada. Untungnya tak ada korban cedera akibat kemunculan hewan melata ini.

    Selain itu, ular juga pernah muncul di pesawat Ravn Alaska yang tengah terbang dari Desa Aniak ke Kota Anchorage. Reptil yang ditemukan oleh penumpang anak-anak itu berwarna kuning pucat. Hewan tersebut kemudian ditangkap awak kabin dan dimasukkan dalam plastik sampah sampai pesawat mendarat dengan selamat di Anchorage.

    7. Kalajengking

    Yang terbaru dan bikin heboh, yaitu kalajengking merayap di kabin pesawat Lion Air JT-293 dengan rute Pekanbaru-Jakarta. Hal itu terjadi Kamis (14/2) kemarin. Ketika pesawat sudah mendarat, kalajengking ini keluar dari kabin tempat penyimpanan barang yang dibawa penumpang.

    Kalajengking yang merayap di dalam kabin pesawat Lion Air itu tak sempat dimatikan alias dimusnahkan. Satwa melata berbisa itu kemudian menghilang dalam kabin.

    Dalam informasi dari pihak Lion Air, petugas layanan darat (ground handling) dan teknisi segera menjalankan penanganan mendalam serta menyeluruh pada pesawat setelah penumpang maupun kargo selesai diturunkan. Namun, kalajengking tersebut tidak ditemukan.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...
loading...