Satgas Pangan Sulteng Netralisasi Harga Bawang Putih di Palu

47
WhatsApp Image 2019-05-15 at 20.47.54
TIM Satgas Pangan Sulawesi Tengah melakukan monitoring pasokan komoditi bawang putih di Pelabuhan Samar, Kabupaten Donggala, Rabu (15/5/2019). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, PALU– Harga bawang putih di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam beberapa hari terakhir sempat mengalami kenaikan hingga Rp 90 ribu per kilogram (kg). Namun kini kondisi itu kembali normal setelah berhasil ditekan harganya hingga Rp 45 ribu per kg.

Hal ini dilakukan usai Tim Satgas Pangan Sulteng melakukan monitoring pasokan komoditi bawang putih di Pasar Inpres Manonda dan Pelabuhan Samar, Kabupaten Donggala.

Hasil dari monitoring tersebut, terpantau harga bawang putih turun harga.

Berdasarkan hasil monitoring Tim Satgas Pangan yang terdiri dari Subdit I Industri Perdagangan (Indag) Polda Sulteng bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) setempat dan Kepala Badan Karantina Pertanian Kelas II melaksanakan pengecekan komoditi bawang putih di Pasar Inpres Manonda Palu dan Pelabuhan Samas Kabupaten Donggala, Rabu (15/5/2019) pagi.

Ketua Satgas Pangan Sulteng yang juga Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sulteng Kombes Polisi Arief Agus Marwan melalui melalui Kanit I Subdit Indag, AKP Dirham Salama menyampaikan distributor bawang putih atas nama H Abas yang beralamat di Jalan Kangkung telah mendistribuksikan sebanyak 675 sak bawang putih dari impostir P Sinar Padang Surabaya.

“Bawang putih dijual ke pengecer seharga Rp 650 ribu per sak,” kata Dirham kepada media ini.

Selanjutnya, distributor atas nama H Maman beralamat di Jalan Cimpedak mendistribusikan 1.250 sak bawang putih dari importir PT Bidang Alamat Surabaya dan diluar ke pengecer seharga Rp 650 ribu per sak.

“Terpantau bawang putih terdistribusi dengan harga Rp 650 ribu per sak. Jumlah ini membuat harga bawang putih di pasaran menurun,” ungkapnya.

Sementara itu, pantauan bawang putih di Pelabuhan Samas Loli, ditemukan satu kontainer isi campuran serta 242 sak bawang putih milik toko H Jamal di Pasar Inpres Manonda Palu yang diketahui berasal dari Toko Permata Surabaya.

“Informasi itu didapatkan dari distributor H Maman, bahwa ada 100 sak bawang putih milik Carrefour Transmart Palu diikutkan dalam ekspedisi distributor H Maman,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil temuan tersebut, total bawang putih yang termonior kurang lebih 2.267 sak.

“Alhamdulillah harga bawang putih kini turun ke harga Rp 40 ribu hingga Rp 45 ribu per kilogram,” pungkas Dirham Salama. MAD

Silakan komentar disini...
loading...