Sering Duduk Berlama-lama? Ini 4 Risikonya bagi Kesehatan

283
ILUSTRASI

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Aktivitas sehari-hari, misalnya pada pekerja kantoran bisa membuat seseorang terlalu lama duduk. Bahkan, kadang sekadar rasa malas pun membuat orang terlalu banyak duduk.
Sehingga, amat disarankan untuk rutin bergerak atau minimal melakukan peregangan jika memang sehari-hari Anda terpaksa harus banyak duduk. Sebab, ketika terlalu lama duduk, ada berbagai risiko bagi kesehatan, seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber berikut ini.
1. Gangguan Kecemasan
Studi dari Deakin University’s Centre for Physical Activity and Nutrition Research Australia menemukan bahwa kegiatan duduk sepanjang hari dan bermalas-malasan bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang.
Penelitian ini menemukan ketika seseorang terlalu lama bekerja di depan komputer, menonton tv, bermain video game atau bermain laptop di tempat tidur, disinyalir bisa mengurangi ketajaman mental yang memicu gangguan kecemasan.
2. Meningkatnya Risiko Kanker Usus Besar pada Pria
Kebanyakan duduk memunculkan risiko kanker usus besar, terutama pada pria. Rincinya, tim peneliti dari Mailman School of Public Health, Columbia University menyebutkan bahwa terlalu lama duduk meningkatkan risiko seorang pria untuk mempunyai adenoma atau tumor jinak di usus besar, yang menjadi gejala awal kanker usus besar.
3. Risiko Serangan Jantung
“Duduk di posisi sama selama berjam-jam bisa menyebabkan pembekuan darah di kaki. Di mana saat bangun dari posisi tersebut, darah akan berjalan tiba-tiba hingga mencapai paru-paru dan menyebabkan emboli paru,” kata Dr Anil Bansal, kardiolog interventional di Columbia Asia Hospital.
Emboli paru atau pulmonary embolism (PE) adalah penyumbatan arteri utama di paru-paru atau salah satu cabang oleh zat yang sebelumnya sudah melakukan perjalanan dari tempat lain di tubuh melalui aliran darah. Hal ini bisa mengakibatkan penyumbatan aliran darah atau oksigen melalui paru-paru yang bisa menyebabkan serangan jantung.
4. Sakit Punggung
Orang yang duduk berlama-lama di meja kantor biasanya mengeluh nyeri punggung di bagian bawah atau sakit tulang belakang secara keseluruhan. Nah, kondisi ini terjadi karena adanya kekakuan otot yang disebabkan duduk dalam waktu yang lama. Untuk itu, ketika terlalu lama duduk di kantor, jangan lupa lakukan peregangan tiap 30 menit sekali ya!. (sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...