Opster TNI Siap Bantu Pemerintah Sejahterakan Warga Poso

367
PEMUKULAN beduk oleh Pangdam XIII/Merdeka menandai pembukaan Operasi Teritorial di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Jumat (2/6/2017). FOTO: PENREM

SultengTerkini.Com, POSO– Ribuan warga di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, khususnya warga tidak mampu dan anak yatim dari seluruh pelosok membaur bersama prajurit TNI dan Polri berkumpul di GOR Puselemba mengikuti acara pembukaan Operasi Teritorial (Opster) TNI 2017 yang secara resmi dibuka oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito.

Acara pembukaan ini dikemas dalam nuansa Islami berupa buka puasa bersama yang dilanjutkan Salat Maghrib, Isya dan Tarawih sesuai dengan situasi Bulan Suci Ramadhan.

Dalam sambutannya, Mayjen Ganip menyampaikan, tugas pokok TNI sesuai dengan UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Implementasinya kata dia, TNI melaksanakan Operasi Teritorial TNI, termasuk di Poso yang bertujuan untuk membantu memulihkan situasi keamanan yang sempat lama terganggu oleh ancaman aksi teror dan gangguan keamanan lainnya agar kembali kondusif untuk melancarkan program pembangunan nasional serta membantu Pemda dalam menyejahterakan rakyatnya.

Oleh karena itu katanya, Operasi Teritorial TNI ini difokuskan pada upaya untuk meningkatkan keamanan dan kesejahteraan masyarakat, menumbuhkan wawasan kebangsaan dan rasa kesadaran bela negara serta kemanunggalan TNI dengan rakyat dengan sasaran merebut hati dan pikiran rakyat sebagai wujud darma bakti TNI kepada rakyat Indonesia yang telah melahirkannya.

Sudah cukup lama warga Poso merasakan penderitaan dan energi yang terbuang dari Pemerintah untuk mengembalikan kesejahteraan dan kedamaian masyarakat Poso ini.

Oleh karena itu Pangdam mengajak seluruh komponen bangsa yang ada di Poso, segenap warga, para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh warga agar bersama-sama mendukung pelaksanaan Operasi Teritorial ini agar situasi daerah ini dapat aman dan damai serta pembangunan daerah dapat terlaksana sebagaimana mestinya untuk kesejahteraan warga Poso.

Acara Pembukaan Operasi Teritorial ini ditandai dengan pemukulan beduk oleh Pangdam XIII/Merdeka didampingi Danrem 132/Tadulako selaku Dansatgas Opster TNI Sintuwu Maroso 2017, Bupati Poso, Pejabat Satgas Tinombala, Kaops Tinombala dan para tokoh agama.

Di akhir acara disertai pemberian bingkisan dari Pangdam dan Danrem 132/Tadulako kepada seluruh warga dan anak yatim yang hadir dalam acara tersebut. */CAL

Silakan komentar disini...