Inilah 20 Jurnalis Lulus UKJ AJI di Palu

307
WhatsApp Image 2018-05-07 at 18.46.58
PARA peserta foto bersama tim penguji dan panitia usai dinyatakan lulus Uji Kompetensi Jurnalis yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen Kota Palu, Sulawesi Tengah di salah satu hotel Kecamatan Ulujadi, Ahad (6/5/2018). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, PALU– Setelah melalui ujian, 20 jurnalis akhirnya dinyatakan lulus Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) pada kegiatan yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu, Sulawesi Tengah di salah satu hotel Kecamatan Ulujadi, 4-6 Mei 2018.

Dari jumlah jurnalis yang dinyatakan lulus pada UKJ tersebut seorang diantaranya adalah anggota AJI Kota Kendari, sementara 19 orang lagi adalah anggota AJI Kota Palu yang berdomisili di beberapa daerah di wilayah Sulawesi Tengah.

Tes yang dilakukan empat penguji tersebut dilakukan dengan pembagian jenjang kelas yakni, Jurnalis Utama bagi yang telah menjalankan kerja jurnalistik minimal 12 tahun, Jurnalis Madya untuk pengalaman kerja 6-11 dan Jurnalis Muda dengan pengalaman kerja  2-5 tahun.

Kenaikan antar jenjang bisa dilakukan setelah tiga tahun untuk jurnalis Muda dan dua tahun untuk jurnalis Madya.

Sementara bagi yang dinyatakan tidak lulus uji kompetensi diberi kesempatan mengulang kembali di tahun selanjutnya.

Hasudungan Sirait, penanggungjawab kelas UKJ AJI Palu 2018 di akhir kegiatan mengungkapkan, UKJ berlangsung mulus selama dua hari, tapi sehari sebelumnya dilaksanakan workshop.

Salah satu pendiri AJI Indonesia ini juga mengapresiasi peserta yang datang dari daerah jauh hanya untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung selama tiga hari di salah satu hotel Jalan Munif Rahman tersebut.

“Pesertanya ada dari beberapa tempat. Ada dari Kendari, Luwuk dan beberapa daerah di Sulawesi Tengah. Seperti biasa, AJI selalu menjalankan ujian dengan ketat. Seperti dirancang sejak awal ini tidak hanya sekadar ujian, tapi juga menjadi ajang berbagi pengetahuan maupun pengalaman, sehingga dalam beberapa sesi, selain ujian kami juga menerapkan diskusi karena menurut kami (penguji) itu penting untuk bertukar pengalaman,” kata salah satu pendiri Organisasi Pers AJI Indonesia ini.

Senada dengan itu, Amat Banjir peserta UKJ yang mendapatkan predikat terbaik di kelas Jurnalis Utama mengaku bersyukur atas dilaksanakannya UKJ AJI Palu tahun 2018.

Sebab, Banjir mengaku mendapatkan banyak pengalaman dalam ujian yang diselingi dengan diskusi tersebut.

“Terutama kita juga kedatangan teman-teman dari AJI Indonesia sebagai penguji. Saya rasa kegiatan seperti ini patut dipertahankan karena bisa memberi pengalaman dan tambahan ilmu terkait kerja-kerja jurnalis,” kata Koordinator Liputan Palu TV ini.

Berikut nama-nama peserta yang lulus UKJ AJI Palu tahun 2018:

* Jurnalis Utama

  1. Aprisal (SultengTerkini.Com)
  2. Yardin Hasan (Palu Ekspress)
  3. Andi Attas Abdullah (Deadline-News.Com)
  4. Amat Banjir (Palu TV)
  5. Abdul Rifai (Media Alkhairaat)

* Jurnalis Madya

  1. Putra Yosvidar (MNC TV)
  2. Aldrimslit Thalara (Kompas TV)
  3. Sarifah Latowa (Siranindi News)
  4. Rolis Muchlis (Kompas TV)
  5. Agung Samandjaya (Radar Sulteng)
  6. Irwan K Basir (Banggai Raya)
  7. Fauzi (Media Alkhairaat)
  8. Rudiyanto (Buton Pos)
  9. Stepensopyan Pontoh (SultengTerkini.Com)
  10. Candra (Antara TV)
  11. Hamdi Anwar (Palu Ekspress)

* Jurnalis Muda

  1. Tahmil (Metro Sulawesi)
  2. Rahmat Dhani (Rajawali TV)
  3. Asnawi Zikri (Luwuk Post)
  4. Djunaidi (Metro Sulawesi). VAN
Silakan komentar disini...