Anak Kost, Sebaiknya Punya Stok 6 Makanan Ini Buat Sahur!

219
mie
FOTO: ISTOCK

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Tinggal jauh dari keluarga, saat sahur anak kost dituntut untuk lebih mandiri. Tak jarang kadang pun bangun kesiangan. 6 Makanan praktis ini wajib dimiliki!
Agar lebih meghemat biaya, anak kost sebaiknya menyetok beberapa makanan untuk sahur. Selain lebih hemat, ketika bangun mepet waktu imsak, makanan ini juga bisa jadi penolong. Pastikan stok bahan makanan yang disimpan bisa disiapkan dengan mudah dan praktis.

Dengan alat masak seadanya dan kemampuan memasak yang tak terlalu mahir, sebaiknya anak kost punya 6 bahan makanan ini untuk stok sahur besok.

  1. Mi instan

Mi instan bisa dibilang jadi penolong saat lapar anak kost. Meskipun kurang baik untuk kesehatan, akan tetapi anak kost bisa menambahkan mi instan dengan sayuran agar lebih berprotein. Selain itu potongan sayuran seperti sawi atau wortel juga bisa jadi pilihan.

Telur yang dicampur dengan mi instan bisa jadi tambahan asupan protein untuk membuat tubuh kenyang lebih lama saat berpuasa. Mi instan rebus ataupun goreng sangat mudah dibuat, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit, semangkuk mi yang nikmat sudah bisa Anda jadikan teman sahur. Jika ingin menikmati sajian mi instan yang berbeda, anak kost bisa melirik resep mi kuah kari dari detikFood ini.

2. Kornet

Olahan daging sapi dalam kemasan kaleng ini juga bisa jadi penolong. Kornet bisa ditambahkan sebagai pelengkap mi instan, nasi goreng, nasi putih hingga campuran telur dadar. Harga kornet di pasaran juga tak mahal sehingga bisa dibeli anak kost sebagai teman makan sahur. Kornet yang tak habis bisa disimpan kembali dalam lemari es milik ibu kost.

3. Telur

Selain ibu rumah tangga, anak kost juga perlu lho menyetok telur selama bulan Ramadan. Mau telur ceplok atau dadar? Keduanya sama-sama mudah dibuat. Cukup dikocok bersama dengan garam dan digoreng, sudah enak disantap dengan nasi putih atau dipadu dengan tambahan kecap manis.

Kalau mau lebih sedap lagi, Anda bisa menambahkan dengan irisan daun bawang atau cabai rawit. Sajian telur dadar ini bisa dibuat dalam waktu cepat. Klik di sini untuk lihat resep telur dadar praktis dari detikFood ini.  

4. Frozen food

Frozen food seperti chicken nugget atau sosis juga bisa jadi lauk sahur praktis. Cukup digoreng dengan minyak panas atau ditumis dengan bumbu sederhana dan makan dengan nasi sudah bisa membuat Anda kenyang. Yuk, coba!

5. Abon

Kalau mau lebih cepat lagi, anak kostan perlu punya abon. Abon sapi ataupun abon ayam bisa jadi pilihan tepat untuk sahur dalam waktu singkat. Cukup siapkan nasi dan taburkan abon diatasnya. Rasanya gurih enak dan tak perlu dimasak terlebih dahulu. Sisa abonnya cukup disimpan dalam wadah stoples kedap udara. Nyam!

6. Sereal

Minuman sekaligus makanan instan ini tentu bisa jadi penyelamat di detik terakhir ketika Anda bangun menjelang imsak. Cukup diseduh dengan air panas, minuman sereal bisa membantu simpan energi di pagi hari agar tak terlalu lemas. Tak hanya itu, sereal gandum yang disiram dengan susu bisa jadi pengganti nasi saat sahur. Praktis dan juga rasanya enak!

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...