Jalan Kaki ke Masjid, Kalori yang Terbakar Setara Gorengan Saat Berbuka

120
jalan
ILUSTRASI Salat Tarawih. FOTO: PRADITA UTAMA

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Bagi masyarakat Indonesia, gorengan adalah menu andalan untuk berbuka puasa setiap harinya. Gorengan bakwan, tahu, ataupun tempe sangat nikmat bila disajikan masih hangat-hangatnya.
Tapi tahukah kamu bahwa gorengan memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi? Dalam satu gorengan, terdapat 140 kalori di dalamnya. Yang artinya, jika kamu makan dua gorengan berarti kamu sudah mengonsumsi 280 kalori.

Nggak mau tubuhmu keberatan kalori kan? Agar tak menumpuk, kamu bisa segera membakarnya dengan beraktivitas fisik. Tak perlu yang berat, cukup berjalan kaki ke masjid saat akan salat tarawih.

Jalan kaki santai sekitar 15 menit bisa membakar sekitar 50 kalori. Sedangkan dengan jalan kaki cepat bisa membakar sekitar 95 kalori dalam 15 menit.

Artinya, untuk membakar satu potong gorengan yang mengandung 140 kalori, kamu harus berjalan sekitar 30 menit lebih.

Jika dari rumahmu ke Masjid membutuhkan waktu 5 menit berjalan kaki, kamu bisa pilih masjid yang lebih jauh sehingga jalan kakimu pun lebih lama dan lebih banyak kalori yang terbakar dari gorengan yang sudah kamu makan.

Dokter spesialis kedokteran olahraga, dr A. Andi Kurniawan SpKO pun menyarankan hal serupa. Apabila tidak memiliki waktu lebih untuk berolahraga secara terstruktur, bisa diganti dengan memperbanyak jalan kaki saat puasa.

“Aerobiknya itu jalan dari rumah ke masjid. Misal cuma lima menit, bolak-balik jadi 10 menit. Berarti masih kurang buat jadi 30 menit,” ujarnya kepada detikHealth.

“Jalan cepat 30 menit bisa dicicil kok. Waktu siang jalan kaki, terus ke masjid, ditambah-tambah,” lanjut dr Andi.

Jadi, kamu bisa hitung kan berapa lama kamu harus jalan kaki untuk membakar kalori gorengan yang kamu makan.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...