Ratusan Anak Ikut Tes Masuk SDN Model Terpadu Madani Palu

540
WhatsApp Image 2018-05-29 at 07.13.05
RATUSAN anak lulusan dari berbagai taman kanak-kanak mengikuti tes masuk Sekolah Dasar Negeri Model Terpadu Madani di Kota Palu, Sulawesi Tengah. FOTO: ICHAL

SultengTerkini.Com, PALU– Ratusan anak lulusan dari berbagai taman kanak-kanak mengikuti tes masuk Sekolah Dasar Negeri (SDN) Model Terpadu Madani di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

“Yang ikut tes masuk sekolah ini sebanyak 113 orang anak,” kata Kepala SDN Model Terpadu Madani Palu, Dian Candra Anggraeni yang ditemui SultengTerkini.Com, Selasa (29/5/2018).

Dia mengatakan, tes masuk sekolah itu berlangsung selama empat hari berturut-turut dimulai sejak Senin hingga Kamis (28-31/5/2018).

Seleksi hari pertama diawali dengan tes bakat seni pada Senin meliputi menggambar, menyanyi dan menari.

Kemudian hari kedua dilanjutkan tes IQ (intelligence quotient). Selanjutnya pada hari ketiga dan keempat adalah tes bakat olahraga.

“Kalau hari ini adalah tes IQ,” kata Dian yang pernah mengajar di SMP Negeri Model Terpadu Madani Kota Palu itu.

Dian menyebutkan, untuk tes bakat olahraga yang berlangsung selama dua hari mulai Rabu besok itu meliputi sembilan item yang akan menjadi penilaian oleh pihak sekolah.

“Saya tidak hafal semua (sembilan item). Yang pasti untuk bakat olahraga ini ada instrumen tersendiri dari sekolah,” tutur Dian.

Menurutnya, tes yang berlangsung di sekolah itu juga melibatkan pihak luar seperti psikolog dan tenaga profesional yang ahli di bidangnya.

Kemudian setelah tes anak berlangsung, selanjutnya pihak sekolah akan menggelar tahapan wawancara masing-masing orang tua calon siswa mengenai dukungan program sekolah.

“Untuk tahapan wawancara ini jangan dipersepsikan hanya untuk finansial saja, tetapi ini lebih pada pemahaman terhadap orang tuanya untuk bagaimana mendukung program sekolah,” katanya.

Ditanya soal kuota siswa baru yang akan diterima, Dian belum bisa memastikan.

Sebab katanya, soal jumlah siswa yang akan diterima itu keputusannya ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng.

Pihaknya hanya sebatas menyeleksi para anak yang akan masuk sekolah melalui tes selama empat hari tersebut.

Ia menambahkan, bagi siswa baru di SDN Model Terpadu Madani Kota Palu itu hanya disiapkan dua rombongan belajar.

Dimana untuk satu rombongan belajar sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI jumlah siswanya sebanyak 28 orang.

Namun pihaknya tidak memungkiri jika ada penambahan rombongan belajar di sekolahnya, semuanya tergantung pada keputusan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng.

“Harapannya dalam tes ini kita dapatkan siswa baru yang cerdas dan berbakat istimewa,” pungkas orang pertama di SDN Model Terpadu Madani Palu itu.

Amatan media ini, ratusan anak calon siswa baru yang mengikuti tes itu didampingi para orang tua atau walinya.

Mereka dengan antusiasnya mengawal dan mendampingi anaknya untuk mengikuti tiap tes tersebut.

Sebelum mengikuti tes di ruangan yang sudah disiapkan, ratusan anak itu dikumpulkan di lapangan untuk mendapat pengarahan dari pihak sekolah mengenai aturan dan mekanisme ujian yang dilaksanakan. Setelah itu dengan semangat para anak memasuki ruangan untuk mengikuti tes yang digelar oleh pihak sekolah. CAL

Silakan komentar disini...