Peringati Hari Statistik Nasional 2018, BPS Sulteng Adakan Seminar

174
WhatsApp Image 2018-09-24 at 16.30.20
BADAN Pusat Statistik Sulawesi Tengah mengadakan seminar dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional tahun ini yang berlangsung di sebuah hotel Jalan Sisingamangaraja, Kota Palu, Senin (24/9/2018). FOTO: ICHAL

SultengTerkini.Com, PALU– Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengadakan seminar dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional tahun ini yang berlangsung di sebuah hotel Jalan Sisingamangaraja, Kota Palu, Senin (24/9/2018).

Kepala BPS Sulteng Faizal Anwar mengatakan, seminar itu merupakan salah satu kegiatan dalam rangka Hari Statistik Nasional yang tiap tahunnya diperingati tanggal 26 September.

Dalam seminar itu, Faizal berharap pihaknya dapat membumikan statistik di wilayah kerjanya.

Menurutnya, Hari Statistik Nasional bukan hanya milik BPS, tetapi semua masyarakat turut terlibat dalam mengupayakan terwujudnya data yang berkualitas.

“Harapannya saat ini adalah bagaimana kami dapat memasyarakatkan statistik,” tutur orang pertama di BPS Sulteng saat ditemui sejumlah jurnalis usai seminar.

Tetapi hal lain yang tidak kalah pentingnya lanjut Faizal, adalah pihaknya sebagai institusi yang diamanatkan oleh undang-undang perstatistikan dapat melaksanakan tugasnya dengan mendengar dari pihak luar bagaimana pandangannya untuk kebaikan BPS, baik itu soal kinerjanya maupun data-data yang dihasilkan.

“Jangan-jangan kita bisa mendapat informasi yang lebih baik ketika dari pihak luar mengkritisi kami. Namun Alhamdulillah dalam seminar tadi tidak ada keluhan mengenai BPS,” tuturnya.

Seminar bertema “Peran dan Tantangan Data BPS Menuju Sulawesi Tengah Maju, Mandiri, dan Berdaya Saing” itu diikuti oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sulteng, Bank Indonesia, perguruan tinggi, dan masyarakat pengguna statistik.

Selain itu, dalam seminar juga menghadirkan dua pembicara yakni Mauled Mulyono (peneliti dan akademisi) dan Junaidi (Ketua Jurusan Matematika dan Statistika Universitas Tadulako Palu) dengan dipandu Maulana Amir (pejabat dari Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Daerah Sulteng sebagai moderator. CAL

Silakan komentar disini...