Menkominfo Sebut Jaringan Telekomunikasi di Sulteng Pulih 97%

149
jaringan
Foto: Ilustrasi gempa Donggala dan tsunami Palu (Nadia Permatasari/detikcom)

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara menyebut jaringan telekomunikasi di Sulawesi Tengah pasca gempa bumi dan tsunami berangsur membaik. Rudiantara mengatakan, 97% jaringan telekomunikasi dapat berfungsi.
“Sulteng selulernya sudah beroperasi 97%. Praktis sudah kembali seperti sedia kala. Palu sudah 90% lebih, Donggala dan Sigi sama semua diatas 90%. Rata-rata Sulteng sudah semua,” kata Rudiantara, di Ombudsman, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (25/10/2018).

Ia mengatakan, perbaikan jaringan telekomunikasi itu karena pasokan listrik sudah membaik di lokasi terdampak gempa. Ada pula operator yang menggunakan genset untuk memberikan pelayanannya.

“Karena listrik sudah masuk dan beberapa teman operator menggunakan genset,” ungkapnya.

Meski belum 100% Base Transceiver Station (BTS) yang aktif, Rudiantara mengatakan terdapat kemajuan dalam penanganan pasca gempa.

“Jadi ada beberapa BTS yang belum aktif tapi paling 1-2 saja dari ratusan, nggak berarti,” ungkap Rudiantara.

Sebelumnya, Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, sampai hari ke-10, jaringan telekomunikasi seluler di Sulteng yang berfungsi mencapai 75,65% atau sebanyak 2.662 BTS yang aktif.

(sumber: detik.com)

Silakan komentar disini...
loading...