BI Palu: Kebutuhan Uang Tunai di Lebaran 2019 Sebesar Rp 1,9 Triliun

53
WhatsApp Image 2019-05-10 at 19.33.26
Miyono

SultengTerkini.Com, PALU– Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Bank Indonesia Perwakilan Palu, Sulawesi Tengah memperkirakan adanya peningkatan kebutuhan uang kartal sesuai pola musiman.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Palu, Miyono dalam keterangannya di hadapan sejumlah jurnalis, Jumat  (10/5/2019) mengatakan, khusus periode Ramadhan dan Idul Fitri 2019 diperkirakan kebutuhan akan uang tunai di wilayahnya sebesar Rp 1,9 triliun, relatif sama dengan tahun 2018 lalu.

Miyono menjelaskan, untuk mengantisipasi hal tersebut, Bank Indonesia menempuh tiga strategi dalam melayani kebutuhan uang tunai.

Pertama, peningkatan distribusi dan persediaan uang tunai di Kantor BI Palu Jalan Sam Ratulangi dan akan membuka layanan penukaran uang pada pekan ke III dan ke IV.

Kedua, peningkatan layanan kas kepada stakeholders, dan ketiga, kerjasama layanan penukaran dengan perbankan dan pihak lainnya.

“Agar kenyamanan dan keamanan penukaran uang dapat terjaga, masyarakat diimbau untuk menukar uang di tempat-tempat penukaran resmi, baik yang diselenggarakan oleh BI, perbankan maupun pihak lain yang ditunjuk oleh BI,” katanya.

Ia menjelaskan, masyarakat juga diharapkan berhati-hati dalam melakukan transaksi dengan meneliti ciri-ciri keaslian uang dengan metode 3D (dilihat, diraba, diterawang).

Untuk memudahkan mengenali keaslian uang rupiah, masyarakat agar senantiasa menjaga dan merawat rupiah dengan baik melalui metode lima jangan, jangan dilipat, jangan dicoret, jangan distapler, jangan diremas, dan jangan dibasahi.

Di tengah meningkatnya kebutuhan akan uang tunai, BI juga berupaya untuk memadukan layanan tunai dan non tunai dalam rangka mewujudkan less cash society. SAH

Silakan komentar disini...
loading...